facebook

Memahami Perasaan Anak dari Buku Ada Apa denganmu, Sayang?

Rozi Rista Aga Zidna
Memahami Perasaan Anak dari Buku Ada Apa denganmu, Sayang?
Buku Ada Apa denganmu, Sayang? (DocPribadi/Fathorrozi)

Buku berjudul Ada Apa denganmu, Sayang? yang ditulis oleh Juliska Gracinia dan diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo pada 2005 ini, menjadi salah satu pedoman bagi kita dalam mengenal perilaku anak kita. Buku ini patut menjadi panduan bagi orang tua untuk memahami kondisi hati anak.

Ketika membaca buku ini, banyak kita temukan ilmu yang harus dimiliki para orang tua, antara lain ilmu mengantar buah hati menjadi sosok yang cerdas, santun, lemah lembut, tanggung jawab, berbudi pekerti baik, dan sifat baik lainnya. 

Hadirnya buku ini sangat tepat di masa sekarang, yang mana di luar sana begitu banyak godaan seperti pergaulan bebas, pengaruh lingkungan dan teman, dan juga di dalam rumah seperti pola pendidikan kurang tepat yang diterapkan oleh orang tua. Ini semua menjadi pengaruh luar biasa bagi perkembangan mental anak. Jika salah menangani anak, maka masa depan anak akan amburadul dan kita sebagai orang tua akan merugi.

Salah satu contoh yang dimuat dalam buku ini adalah cara agar anak menyadari pentingnya keberadaan anak di tengah keluarga. Maka kuncinya: komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, selalu sediakan waktu untuk anak, jangan biarkan anak miskin kenangan indah bersama keluarga dalam hidupnya, dan tekankan bahwa ibu, ayah, kakak, dan adik adalah orang-orang yang terpenting dalam hidupnya sebelum mereka sendiri berkeluarga (halaman. 55).

Contoh lain yang terdapat di dalam buku ini ialah langkah perbaikan yang harus dilakukan oleh orang tua ketika anak melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan, seperti membahayakan orang lain, tidak mengikuti perintah, atau berbohong. Maka, cara perbaikannya adalah dengan menghentikan apa yang dilakukan oleh anak, tunjukkan kepada anak akibat dari perbuatannya (misalkan temannya terluka), katakan apa yang seharusnya dilakukan oleh anak pada saat situasi seperti itu, dan sampaikan keuntungan yang akan diperoleh oleh anak jika ia menggunakan perilaku yang positif.     

Selain itu, penuturan penulis dalam buku ini sangatlah menarik dan mudah dicerna. Pasalnya, penulis memang mengangkat masalah yang seringkali kita temukan di tengah-tengah keluarga kita sehari-hari. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok dimiliki oleh kita para orang tua yang ingin anak-anaknya kelak menjadi orang yang bisa kita harapkan, serta membahagiakan kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak