facebook

Ulasan Buku Serdadu Afrika di Hindia Belanda 1831-1945

Sigit Candra Lesmana
Ulasan Buku Serdadu Afrika di Hindia Belanda 1831-1945
Buku Serdadu Afrika di Hindia Belanda 1831-1945.[Dok. pribadi/sigitlesmana]

Mempelajari sejarah Indonesia berarti kita sudah siap untuk masuk ke dalam kisah-kisah yang sangat kompleks. Sejarah Indonesia tidak hanya tentang kerajaan-kerajaan, zaman penjajahan, kemudian beranjak ke zaman modern. Namun banyak elemen-elemen lain yang terkadang luput dari perhatian.

Karena begitu kompleks, banyak sebenarnya peristiwa atau kisah sejarah yang menarik untuk diluas namun tidak mendapat perhatian yang memadai. Namun, buku yang akan diulas saat ini menyajikan sesuatu yang berbeda daripada buku sejarah Indonesia lainnya.

Ineke van Kessel yang merupakan seorang sejarawan dari Universitas Leiden, Belanda, menulis sebuah buku yang bisa membawa kita melihat sisi lain dari sejarah Indonesia yang sampai saat ini masih belum begitu mendapat perhatian. Dalam bukunya yang berjudul Serdadu Afrika di Hindia Belanda 1831-1945 Ineke mencoba untuk menggali peran serdadu atau prajurit Afrika yang didatangkan oleh pihak Belanda ke Hindia Belanda (Indonesia) untuk menjadi prajurit.

Para prajurit yang didatangkan dari Afrika tersebut sering kali menjadi andalan bagi para komandan pasukan. Hal ini dikarenakan orang-orang Afrika memiliki kekebalan tubuh dan fisik yang lebih prima dibandingkan prajurit Eropa. Kendati begitu, jika tidak diperlakukan dengan baik, para prajurit Afrika ini juga bisa melakukan pemberontakan.

Dalam Perang Aceh yang merupakan perang terlama Belanda dan hampir membuat pihak Belanda bangkrut, prajurit-prajurit asal Afrika ini berperan sangat penting untuk bisa membendung perlawanan masyarakat Aceh.

Buku ini memiliki ketebalan 306 halaman. Tidak terlalu tebal, namun bahasa yang digunakan cukup berat karena merupakan buku non fiksi dan terjemahan. Buku ini cocok sekali dibaca oleh sejarawan dan para pengajar sejarah seperti guru dan dosen sejarah. 

Juga cocok jadi bahan bacaan para pemerhati sejarah yang ingin membaca peristiwa sejarah yang belum banyak dibahas, apalagi diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Kalian yang juga menyukai sejarah meskipun  bukan sejarawan, pengajar, maupun pemerhati sejarah juga bisa baca buku ini untuk menambah pengetahuan.

Satu hal lain yang menarik dari buku ini adalah desain cover indah yang menggambarkan lukisan seorang prajurit Afrika bersama istri dan anaknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak