facebook

Ulasan Buku Sejarah Australia, Berdirinya Negara Melalui Commonwealth Of Australia.

Sigit Candra Lesmana
Ulasan Buku Sejarah Australia, Berdirinya Negara Melalui Commonwealth Of Australia.
Buku Sejarah Australia. DocPribadi/sigitlesmana

Benua Australia merupakan benua yang eksotis. Benua ini kaya akan kekayaan alam seperti jenis flora dan fauna yang melimpah. Selain itu, Austrlia juga dikenal sebagai benua yang kaya akan nilai sejarah dan budaya.

Meskipun begitu, cukup jarang ditemukan buku berbahasa Indonesia yang membahas tentang sejarah Australia. Padahal jika mau diulik lebih dalam, sejarah Australia merupakan salah satu sejarah yang menarik untuk dibahas.

Julius Siboro menulis sebuah buku berjudul Sejarah Australia, sehingga buku ini bisa menjadi salah satu rujukan bagi kalian yang ingin mempelajari sejarah Benua Australia. Buku ini berisi sejarah Australia modern. Mulai dari terbentuknya Commonwealth Of Australia, hingga terbentuknya kerjasama regional dengan negara-negara Asia Pasifik.

Benua Australia dulu dijadikan sebagai tempat pengasingan bagi para kriminal dari Kerajaan Inggris. Saat itu penjara-penjara di Inggris sudah sangat penuh karena mereka begitu mudah menjatuhkan hukuman penjara pada kesalahan-kesalahan kecil.

Para narapidana yang dibawa ke Australia tidak pandang bulu. Manula, anak-anak, dan wanita pun tak luput dari hukuman pengasingan ke benua ini. Para narapidana ini kemudian membentuk koloni hingga berdiri sendiri sebagai sebuah negara melalui Commonwealth Of Australia.

Buku ini cocok untuk dibaca kalian yang berprofesi sebagai guru sejarah, dosen sejarah, sejarawan, atau pemerhati sejarah. Namun, buku ini juga cocok dibaca oleh siapa saja termasuk kalian yang sedang duduk di bangku sekolah menengah atas atau mahasiswa jurusan sejarah. Buku ini bisa menjadi salah satu referensi pada mata pelajaran dan mata kuliah sejarah.

Buku ini tidak terlalu tebal, hanya 148 halaman. Bahasa yang digunakan agak berat karena buku ini adalah buku non fiksi. Yang unik dari buku ini adalah buku ini dilengkapi dengan tes-tes formatif yang bisa membantu kita mengulang materi yang telah dibaca agar semakin paham. Jarang ada buku sejarah yang dilangkapi dengan soal-soal seperti ini.

Maka dari itu, selain menjadi bahan bacaan dan referensi, buku ini juga bisa menjadi bahan latihan dengan soal-soal yang tersedia. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak