facebook

Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok: Hidup Sehat serta Bahagia

Sam Edy Yuswanto
Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok: Hidup Sehat serta Bahagia
Buku "Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok' (DocPribadi/Samedy)

Hidup sehat dan bahagia tentu menjadi dambaan semua orang di dunia ini. Sebagaimana kita ketahui, sehat termasuk hal yang sangat utama dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa memiliki jiwa raga yang sehat tentu kita tak dapat bekerja dengan baik dan tak mampu menjalankan beragam aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Bicara tentang rahasia hidup sehat, kita bisa belajar dari siapa saja, termasuk dari orang-orang Jepang dan Tiongkok. Dalam buku berjudul Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok yang disusun oleh Budi Prayitno diuraikan tentang rahasia sehat dan panjang umur orang Jepang dan Tiongkok yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi kita semua.

Minum air mineral adalah salah satu rahasia sehat dan panjang umur orang Jepang. Bila Anda pernah menyaksikan film Jepang, tentu tidak akan asing dengan kebiasaan orang Jepang yang satu ini. Ada banyak momen di mana orang Jepang terbiasa minum air mineral sebelum tidur maupun setelah bangun tidur. Minum air mineral dalam jumlah tertentu sangat baik bagi kesehatan. Kebiasaan ini juga diyakini sebagai cara paling ampuh untuk menunda proses penuaan sel di dalam tubuh (Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok, halaman 50-51). 

Mengonsumsi yogurt juga menjadi cara bagi orang Jepang untuk menjaga kesehatan. Yogurt umumnya dibuat dari susu skim. Susu skim adalah bagian susu yang tertinggal setelah krim diambil sebagian atau seluruhnya dalam proses separasi. Susu skim mengandung semua komponen gizi dari susu yang tidak dipisahkan, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak (Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok, halaman 67-68). 

Orang Tiongkok juga memiliki kebiasaan yang menyehatkan. Sedikit makan adalah salah satunya. Sedikit makan menjadi rahasia sehat dan panjang umur orang Tiongkok yang sebenarnya sudah diajarkan oleh banyak agama, khususnya ajaran Islam. Para ilmuwan Eropa sejak lama sudah menganjurkan masyarakat agar menghindari pola makan berlebihan dan meninggalkan budaya makan dan minum serba enak. Tak hanya itu, mereka juga merekomendasikan puasa untuk meminimalisir nafsu hedonis yang menggebu-gebu (Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok, halaman 134-135).

Tentu masih banyak kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang Jepang dan Tiongkok untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dalam buku Rahasia Resep Sehat dari Jepang dan Tiongkok terbitan Laksana (2016) ini. Selamat membaca dan mengambil manfaatnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak