facebook

Sinopsis Drama Korea 'Our Beloved Summer' Episode 16: Tutup Kisah dengan Cerita Bahagia?

Lintang Larissya
Sinopsis Drama Korea 'Our Beloved Summer' Episode 16: Tutup Kisah dengan Cerita Bahagia?
Cuplikan adegan 'Our Beloved Summer' episode 16. (Instagram/sbsdrama.official)

Drama Korea SBS ‘Our Beloved Summer’ telah menayangkan episode terakhirnya, yakni episode 16 pada Selasa (25/01/2022). Lantas, bagaimana kelanjutan kisah Choi Woong dan Yeon Soo di episode terakhir ini? Apakah akan berakhir bahagia atau justru hubungan asmara mereka retak kembali? Berikut sinopsis drama Korea ‘Our Beloved Summer’ episode 16.

Pada episode 15, Choi Woong mendapatkan 'sentilan' dari beberapa pihak yang melihat karya seninya tidak memiliki 'jiwa' dan terkesan sangat kosong. Hal ini semata-mata menyadarkannya kalau selama menjalani kesehariannya di dunia yang datar. 

Kehidupan Choi Woong sampai saat ini terlihat tidak memiliki ambisi dan tujuan. Selama ini, Woong menjalani keseharian penuh dengan kepura-puraan dengan begitu tidak ada yang menyadarinya. Namun, suatu saat Woong ingin berubah.

Tujuan utamanya adalah kembali menuntut ilmu di Sekolah Arsitektur ENSA Paris. Woong tidak ingin hidup menyedihkan. Seniman itu menemukan susuatu yang ingin dia lakukan untuk pertama kalinya. Berdalih tidak bisa melakukannya sendiri, ia mengajak Yeon Soo untuk ikut dengannya, kebetulan Yeon Soo juga ditawari Mr. Jang untuk bekerja dengannya di Paris. 

Gook Yeon Soo belum menentukan apakah ia akan pergi atau tidak. Setiap orang yang ia ajak bicara selalu mengutarakan kalau pendapat Yeon Soo lebih penting, keputusan untuk hidupnya harus ia pilih sendiri, dan yang paling utama itu harus sesuai dengan keinginannya. 

Selama ini Yeon Soo selalu berpikir dia sendirian, tapi kenyataannya ia tidak pernah sendirian. Dia dikelilingi oleh orang-orang yang ia sayangi dan menyayanginya dan selama ini pula Yeon Soo menjalani hidup yang ia inginkan, ia melalui waktu dengan bahagia. 

Choi Woong telah menetapkan keputusannya untuk tetap pergi ke Paris demi mengejar mimpinya, sendirian. Yup, Yeon Soo memilih untuk tetap tinggal di Korea seraya menunggu kembalinya Woong dari Paris.

Pada episode 16 juga memperlihatkan scene Ibu Ji Woong menceritakan niatnya untuk berada dalam dokumenter anaknya ke Park PD, atasan Kim Ji Woong. Park PD berbicara dengan Ji Woong yang bersikeras menolak permintaan ibunya yang mungkin untuk terakhir kalinya.

Ia tidak mengerti kenapa ia harus melakukan ini untuk ibunya, sedangkan ibunya tidak pernah memikirkannya sekalipun. Park PD memberi saran agar Ji Woong melakukannya, ini lebih baik dari pada membuang waktu dengan tidak melakukan apapun yang akan menghasilkan penyesalan di kemudian hari. 

Ibu Ji Woong memutuskan sampai akhir nanti membuat Ji Woong untuk terus membencinya. Selama ini dia menghindari Ji Woong karena takut anak satu-satunya itu ikut terbawanya jatuh, ia takut tidak bisa menyelamatkannya. Ji Woong juga mengatakan kekecewaannya bagaimana ia harus bertahan di usia belia untuk hidup, sedangkan ibunya egois hanya memikirkan bagian buruk kehidupan tanpa memberinya kasih sayang yang layak.

Namun, Ji Woong juga berharap agar ibunya bertahan dan berjuang melawan penyakitnya supaya ibunya maupun dirinya dapat memulai hidup yang baru. Ji Woong juga setuju membuat dokumenter tentang ibunya dan ikut masuk ke dalamnya, tentunya diarahkan oleh sang senior, Park PD.

Sebelum keberangkatannya ke Paris, Woong ingin membuat waktu terbaik di hidupnya, ia bahkan menemui yang diduga adalah ayah kandungnya. Meskipun tidak sempat mengobrol, tapi dalam hati, Woong mengatakan agar ayahnya berhenti mengkhawatirkan dirinya dan berhenti hidup penuh penyesalan. 

Selama Woong menuntut ilmu di negara yang jauh, ia menjalani hubungan jarak jauh dengan Yeon Soo. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semakin dewasa, selain itu “Manyage Marya” couple is back

“Manyage Marya” atau “What If” adalah pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan Yeon Soo untuk Woong. Apabila jaman dahulu Woong tidak pernah menjawab pertanyaan itu, kali ini Woong menjawab pertanyaannya sesuai yang Yeon Soo mau. Ini semua dilakukannya agar Yeon Soo tidak mengkhawatirkan dirinya dan hubungan keduanya. 

Tidak terasa dua tahun sudah berlalu, seniman Woong sudah kembali. Kabar baik lainnya adalah Woong sudah bisa tidur dengan nyenyak, tidak ada lagi mimpi buruk. Selama dua tahun itu pula Kim Ji Woong sudah menyembuhkan luka di hatinya entah itu tentang ibunya atau Yeon Soo.

Bahkan, Jung Chae Ran berhasil menyatakan perasaan yang selama ini ia pendam kepada seniornya tersebut. Koo Eun Ho dan Lee Seol Yi juga memulai hubungan baru sebagai sepasang kekasih. Sementara NJ saat ini bisa menjalani hidupnya sebagai manusia biasa, lebih fleksibel, dan lebih jujur kepada diri sendiri. 

Hubungan Yeon Soo dan Woong juga semakin membaik, sampai pada akhirnya Woong melamar Yeon Soo. Keduanya pun memutuskan untuk menikah.

Dalam epilog episode 16, drama Korea  ‘Our Beloved Summer’ menayangkan Kim Ji Woong lagi-lagi menawari Choi Woong dan Gook Yeon Soo syuting dokumenter bersama untuk ketiga kalinya. Hal ini karena dokumenter mereka sebelumnya kembali menjadi trending, netizen juga mendengar kabar bahwa mereka telah menikah dan penasaran apa yang mereka lakukan sebagai pasangan suami istri. 

Berawal dari kisah remaja yang berliku, drama Korea ‘Our Beloved Summer’ juga menampilkan cerita pendewasaan diri dari beragam karakter, menutup kisah perjalanan hidup Choi Woong, Gook Yeon Soo, Kim Ji Woong, NJ, dan karakter lainnya dengan hangat dan membekas.

Terima kasih Woong dan Yeon Soo sudah berbagi cerita kalian kepada kami!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak