facebook

Mengungkap secara Tuntas Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Sam Edy Yuswanto
Mengungkap secara Tuntas Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan
Buku Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda.[dok. pribadi/samedy]

Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari kebiasaan bangun pagi dan melakukan olahraga seperti lari pagi. Adi D. Tilong dalam bukunya, Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda (Diva Press, 2015) memaparkan fakta keampuhan dan khasiat lari pagi. Salah satunya bisa membantu mengatasi stres.

Adi D. Tilong memaparkan, banyaknya permasalahan dalam hidup, kadang kala membuat Anda merasa tidak kuat untuk menghadapi kenyataan. Pikiran menjadi berat dan kacau sehingga tidak hanya rasa pening, tetapi juga akan mengalami gangguan psikologis, seperti stres. Stres dapat menyerang siapa pun dari semua umur dan jenis kelamin. Stres biasanya tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses yang sangat kompleks. Ini menunjukkan bahwa dalam kondisi normal, manusia tidak mudah stres. Namun karena berbagai tekanan, stres bisa menyerang, tidak terkecuali Anda. 

Bagi yang mengalami stres atau ingin terhindar darinya, Anda cukup membiasakan diri melakukan lari pagi. Diketahui, lari pagi bisa meningkatkan mood, membantu relaksasi mental, dan meningkatkan konsentrasi. Dengan berlari, tubuh menjadi bergerak dan aktif sehingga dapat mengurangi stres. Selain itu, lokasi lari pagi yang berbeda-beda juga akan membuat Anda menjadi tidak bosan dengan pemandangan (Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda, halaman 122). 

Manfaat lari pagi berikutnya ialah dapat memperlancar haid. Bagi sebagian perempuan, mungkin mengalami gangguan haid. Selama ini, haid tak teratur disebabkan faktor fisik yang kelelahan sehingga hormon menjadi terganggu. Namun, haid yang tak normal bisa menjadi masalah karena siklus dapat menjadi terlambat atau bahkan lebih cepat dari biasanya. Ini perlu diwaspadai karena dikhawatirkan terjadi penyakit-penyakit yang tak diinginkan. Lari pagi, setidaknya dapat menjadi salah satu cara untuk membantu haid lebih teratur dan lancar. Dengan lari pagi, siklus haid pelan-pelan akan membaik (Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda, halaman 128-131).

Selain mengungkap manfaat lari pagi bagi kesehatan, buku Bangun Pagi, Lari Pagi, dan Berpikir Positif bagi Kehidupan Anda karya Adi D. Tilong juga mengungkapkan manfaat yang akan diperoleh bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan berpikir positif. Di antara manfaat berpikir positif yakni dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak