facebook

4 Ciri Lingkungan Kerja yang Toxic, Masih Mampu Bertahan?

Desyta Rina Marta Guritno
4 Ciri Lingkungan Kerja yang Toxic, Masih Mampu Bertahan?
Ilustrasi Lingkungan Kerja (Pixabay/RonaldCandonga/desytarina)

Lingkungan kerja adalah salah satu faktor penting yang menentukan betah atau tidaknya kita bekerja. Kalau lingkungan kerja kita baik maka dapat dipastikan kita nyaman dan betah bekerja di tempat teesebut.

Begitupula sebaliknya, kalau lingkungan kerja kita buruk jangankan bekerja, memikirkannya saja kita sudah ogah. Pekerjaan yang sebenarnya ringan malah terasa berat, lingkungan yang seperti itu juga tidak membuat kita berkembang.

Kalau lingkungan kerjamu memiliki ciri seperti dibawah ini, pertimbangkan lagi untuk bertahan di dalamnya.

1. Rekan yang Menjatuhkan

Rekan di dunia kerja seolah menjadi keluarga kedua bagi kita, beruntung bila mendapat rekan kerja yang baik karena mereka akan membantu kita meringankan pekerjaan atau setidaknya pekerjaan yang berat akan terasa ringan.

Akan tetapi, dalam dunia kerja ada pula teman yang menjatuhkan temannya yang lain. Bukannya membantu, mereka malah mempersulit keadaan. Hanya orang yang kuat mental yang mampu bertahan dengan lingkungan kerja seperti ini.

2. Pekerjaan Diluar Jobdesk

Memang ada kalanya kita diberi pekerjaan diluar jobdesk, akan tetapi itu hanya sekali dua kali dan bukan pekerjaan yang berat. Kalau kamu diberi pekerjaan diluar jobdesk dengan kapasitas sama besarnya dengan pekerjaanmu dan itu dilakukan setiap hari, maka kamu berhak mengajukan protes pada atasan.

3. Lembur yang Tidak Dibayar

Lembur adalah tambahan waktu kerja apabila pekerjaan yang kita lakukan banyak dan harus cepat selesai. Biasanya seseorang yang lembur akan mendapat gaji tambahan sesuai dengan ketentuan. Akan tetapi ada perusahaan yang bahkan tidak membayar lemburan karyawannya dengan berbagai alasan.

4. Tidak Pernah Dihargai

Sebagai karyawan, tentu saja kita selalu ingin melakukan yang terbaik. Akan tetapi pada lingkungan kerja yang tidak baik, apapun usaha kita akan terlihat kecil dan remeh. Meskipun pekerjaan tersebut sudah benar, pasti ada saja kesalahan didalamnya.

Lingkungan kerja yang seperti ini akan membuatmu merasa lelah, tuntutan yang tidak masuk akal, dan usaha yang tidak dihargai tentu membuat seseorang tidak nyaman berada di lingkungan seperti itu.

Itulah 4 ciri lingkungan kerja toxic. Jika lingkungan kerjamu seperti itu, pertimbangkan lagi untuk bertahan demi kesehatan fisik dan mentalmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak