facebook

Lakukan 4 Hal Ini jika Ingin Impian Terwujud!

Yulianti Prasetyaningsih
Lakukan 4 Hal Ini jika Ingin Impian Terwujud!
ilustrasi gambar rencana (unsplash)

Setiap manusia pasti mempunyai cita-cita dalam hidup. Sebab cita-cita bukan hanya sekadar keinginan, tapi juga menentukan tujuan hidup. Beberapa, berhasil mewujudkan cita-citanya namun beberapa juga tidak berhasil mewujudkannya.

Menentukan cita-cita apa yang ingin dicapai merupakan hak setiap manusia, selama hal tersebut tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Meskipun demikian, banyak usaha dan persiapan yang perlu dilakukan agar cita-cita tersebut dapat terwujud. 

Berikut rangkuman kiat sukses yang wajib dilakukan agar cita-cita terwujud. 

1. Berpikir Positif

Memiliki pikiran yang positif sangat dibutuhkan dalam proses menggapai cita-cita. Hal ini membantu untuk tidak mudah merasakan  kekecewaan saat usaha yang dilakukan ternyata tidak membuahkan hasil yang diharapkan. Jadi ketika mengalami kegagalan, dengan segera dapat bangkit. 

Saat berada pada titik lelah, bisa diatasi dengan cara melihat orang-orang yang kurang beruntung, memiliki keterbatasan namun memiliki semangat untuk hidup. Sebuah keberhasilan membutuhkan proses, tidak bisa didapatkan secara instan. 

2. Percaya Diri dan Optimis dalam Berusaha

Tidak perlu membandingkan apa yang telah berhasil diraih dengan kepunyaan orang lain. Sebuah kepercayaan diri adalah bagian dari harapan. Harapan adalah bagian dari doa. Ketika memiliki rasa percaya diri bahwa cita-cita yang dimiliki dapat tercapai, itu adalah bagian dari sebuah doa yang tulus dari dalam hati. Percayalah bahwa apapun yang telah dilakukan semuanya ada nilainya di hadapan Tuhan. Tidak ada satu hal pun usaha sia-sia untuk dilakukan. 

3. Belajar dari Orang Lain

Belajar dari orang lain, bisa siapa saja. Kadang kala kita berpikir bahwa si A lebih pintar dari saya dan si B lebih dibawah saya, sehingga kita enggan belajar dari si B. Padahal pada hakekatnya, sejelek-jeleknya orang pasti ada lebihnya. Dan sebaik-baiknya orang pasti ada kekurangannya. Kosongkan gelasmu jika bertemu dengan orang lain. Ambillah pelajaran apapun yang bisa diambil dan jangan pernah menganggap remeh orang lain. 

4. Berdoa dan Berserah Diri

Bagi orang yang beriman, doa adalah senjata ampuh dalam mewujudkan cita-cita setelah bekerja keras mencapainya. Selain berusaha semaksimal mungkin, harapan akan hal-hal baik juga harus diiringi doa agar Tuhan Yang Maha Kuasa memudahkan jalan kita untuk mendapatkan sesuatu yang kita harapkan. Ada ikhtiar sebelum tawakal. Ada usaha keras sebelum berserah diri. Inia dalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Ketika hanya banyak usaha tanpa berdoa adalah sombong. Namun doa tanpa usaha sama dengan kosong. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak