facebook

You Can Wind Down From Time to Time: Untuk yang Tersesat dalam Pendewasaan

Rasyi Fauzia
You Can Wind Down From Time to Time: Untuk yang Tersesat dalam Pendewasaan
You Can Wind Down From Time to Time (doc. pribadi/Rasyi Fauzia)

Kim Dan sebagai penulis dan Lee Young Chae sebagai ilustrator buku You Can Wind Down From Time to Time menghadirkan kembali kenangan-kenangan masa kecil dan memori yang pernah kita lalui sebagai orang dewasa. Buku ini membawa pesan menenangkan dari masa kanak-kanak untuk orang-orang di fase pendewasaan yang rumit. Versi asli buku ini menggunakan bahasa Korea dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Seperti frasa dalam judulnya, Kim Dan menuliskan kutipan-kutipan dari buku dongeng masa kecil dan narasi yang membuat pembaca sadar untuk bisa 'wind down' atau rileks dari apapun yang memunculkan kekhawatiran. Di tiap babnya, buku You Can Wind Down From Time to Time menyisipkan kutipan dongeng dan gambar ilustrasi yang bersisian. Buku setebal 206 halaman ini membawa pesan-pesan bijak dari banyak dongeng, di antaranya seperti The Little Prince, Alice in Wonderland, serta Dorothy and the Wizard of Oz.

Beberapa pesan bijak yang disampaikan antara lain:

  • Setiap orang adalah amatir dalam hidup
  • Tindakan menunjukkan sikap yang sebenarnya, dibanding hanya kata-kata
  • Mencintai seperti tidak pernah terluka
  • Pelan tapi pasti
  • Hal yang paling berharga itu dekat dan dalam bentuk paling biasa

Ketika hidup menjadi sulit dihadapi dan kamu ingin berhenti, bersembunyi dari orang-orang atau hanya ingin menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri, buku You Can Wind Down From Time to Time membawa pesan bahwa itu semua akan berlalu.

Bagi kamu yang sedang tersesat di dunia orang dewasa yang rumit atau sedang sulit untuk tidak membuat kesalahan dan mengecewakan diri sendiri, buku ini mengajarkan bahwa tidak apa-apa untuk rileks dari waktu ke waktu.

Masalah memang tidak akan selesai dengan sendirinya dalam semalam. Namun terkadang, kita hanya perlu mengambil napas dalam-dalam, menyelimuti diri dengan selimut bulu yang hangat, dan berpikir jernih. Ketika terbangun, kita akan siap kembali menghadapi hari baru dengan pikiran yang lebih berkembang untuk menghilangkan rasa sakit kemarin.

Buku You Can Wind Down From Time to Time bisa dibaca untuk sekadar mencari bacaan ringan, tetapi bermakna dalam. Namun, buku ini juga dapat menjadi penghibur untuk hari-hari yang melelahkan. Setiap narasi yang ditulis menyiratkan untuk kita bisa tetap menghadapi hidup dengan membawa kembali dongeng-dongeng masa kecil.

Banyak style yang bisa dipakai untuk membaca buku ini, tidak harus urut dari depan. Terkadang justru mencoba membuka secara acak menjadi kejutan untuk menemukan kira-kira pesan apa yang akan disampaikan oleh buku You Can Wind Down From Time to Time ini.

Terakhir, mengutip pesan dari bagian sampul belakang buku ini, "A whole new world awaits just around the corner!"

"Positivity that everything will turn out great, hope that everything shall pass, and comfort that we'll get better"

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak