facebook

3 Kesalahan Umum Matematika yang Sering Dilakukan, Sadari dan Perbaiki!

Bagus Sudewo
3 Kesalahan Umum Matematika yang Sering Dilakukan, Sadari dan Perbaiki!
Ilustrasi Belajar Matematika (Pixabay)

Salah dalam belajar matematika memang sering terjadi dan hal itu wajar. Kesalah dan ketidaktepatan merupakan bagian dari proses belajar. Kamu hanya perlu menyadari dan memperbaiki kesalahannya. Berikut kesalahan umum yang sering dilakukan ketika mempelajari matematika.

1. Belajar Hanya dengan Menghafal 

Kamu akan kesulitan menguasai matematika hanya dengan menghafal. Jika hanya menghafal, kamu tidak akan mendapat manfaat belajar matematika yang sesungguhnya yaitu berpikir logis dan problem solving.

Beberapa rumus dasar memang praktis untuk dihafal, tetapi pahami juga konsepnya. Soal matematika sering muncul dengan berbagai variasi, jika kamu hanya menghafal penyelesaian dari contoh soal kamu akan kesulitan. Ada cara memperbaiki kesalahan ini yaitu dengan pahami konsep dan perbanyak berlatih dengan berbagai variasi soal. 

2. Tidak Berlatih Mental Matematika

Tidak jarang ditemui siswa tingkat menengah sering salah menghitung. Ini dapat diatasi dengan berlatih mental matematika. Mental matematika merupakan kemampuan berhitung operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian tanpa menggunakan alat bantu. Ini berguna tidak hanya saat ujian, tetapi berguna dalam keseharian ketika tidak sempat mengambil kalkulator dan alat tulis.

Luangkan waktu untuk kembali mengerjakan soal aritmatika dengan perhitungan di dalam kepala saja. Tentunya ini mudah dilakukan mengingat telah banyak aplikasi seluler yang menyediakan kuis-kuis berhitung, salah satu contohnya Khan Academy. Pada Khan Academy kamu bisa mengulas dan berlatih kembali Aritmatika dengan berbagai tahap kesulitan.

3. Tidak Teliti

Saat mengerjakan soal matematika, seringkah kamu merasa jawaban sudah benar tetapi ternyata salah? Ternyata ada langkah perhitungan yang keliru, Ah! Kamu kurang teliti. Jika kamu termasuk orang yang sering tidak teliti, maka saat berlatih soal maupun saat ujian kamu perlu menyisihkan waktu 5 - 10 menit untuk memeriksa kembali jawabanmu.

Memeriksa jawaban perlu menjadi kebiasaan, mengingat ini nampaknya sering diabaikan namun penting. Hal lain yang juga penting ialah teliti memahami soal, khususnya soal cerita. Usahakan pahami soal cerita dengan membacanya lebih dari sekali, identifikasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan soal. Jangan sampai jawabanmu salah dari awal.

Itulah kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi ketika melakukan matematika. Matematika memang punya kesulitannya tersendiri. Kamu perlu memperbaikinya dan terus berlatih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak