facebook

5 Sajian Berbuka Puasa Ini Enggak Pernah Absen saat Ramadan, Mana Favoritmu?

🌸🌸Lily 🌸🌸
5 Sajian Berbuka Puasa Ini Enggak Pernah Absen saat Ramadan, Mana Favoritmu?
Ilustrasi kolak pisang (Pexels/Riki Risnandar)

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling dirindukan umat Islam. Banyak keistimewaan yang ditawarkan Ramadan bagi semua muslim. Bukan hanya janji pahala yang melimpah, tapi juga pengampunan atas semua dosa yang pernah dilakukan. Bahkan setiap ibadah, baik yang wajib maupun sunah, akan diganjar berkali-kali lipat saat dilakukan di bulan Ramadan.

Namun, yang tidak kalah nikmat saat membicarakan Ramadan adalah sajian yang akan hadir sebagai takjil buka puasa. Apa saja? Yuk, simak.

1. Kolak 

Kolak selalu hadir menemani buka puasa Berbuka puasa selalu identik diawali dengan makanan yang manis. Jika sudah begitu, pasti kolak yang akan selalu terpikir pertama kali. Hidangan ini hampir tidak pernah absen menemani buka puasa kita. Bukan hanya karena membuatnya cukup mudah, tapi juga bahan yang diperlukan cenderung tidak sulit didapat.

Biasanya isian kolak bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada yang suka kolak pisang, ada juga yang lebih suka kolak ubi. Selain kedua bahan ini, tak jarang orang juga menambahkan kolang-kaling sebagai penambah selera. Agar lebih wangi, jangan lupa beri potongan daun pandan ya.

2. Es Buah 

Es buah yang selalu sukses bikin ngiler Selain kolak, es buah juga tidak akan terlewatkan menjadi pilihan berbuka puasa. Seringkali saat menjalankan ibadah puasa, menahan rasa haus adalah yang paling berat. Apalagi jika hari terasa sangat panas dan melelahkan, es buah sudah pasti akan menjadi pilihan pertama untuk melepas dahaga usai berpuasa seharian penuh.

Warna-warna cerah dari isian es buah dan juga warna sirup mencolok sudah pasti akan menggugah selera kita. Tidak berbeda dengan kolak, membuat sendiri es buah jauh lebih mudah. Tinggal masukkan saja isian yang favorit kita lalu tambahkan es batu dan sirup. Jadilah es buah sebagai hidangan pembuka puasa. Jika suka, boleh tambahkan susu untuk lebih memberi rasa manis.

3. Es Timun Suri

Es timun suri yang hanya muncul saat Ramadan Timun suri seringkali memang hanya akan muncul di bulan Ramadan. Maka tidak heran jika sajian timun suri selalu diburu banyak orang untuk dijadikan hidangan berbuka. Biasanya timun suri paling enak kalau dibuat es, dingin dan menyegarkan.

Selain melegakan dahaga, timun suri juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan kolesterol dan kadar gula darah kita. Jadi, olahan timun suri bukan hanya segar tapi juga kaya manfaat.

4. Es Blewah

Es blewah yang selalu dinanti Blewah juga menjadi buah yang hanya muncul di bulan Ramadan. Hampir sama dengan timun suri, blewah akan sangat menyegarkan ketika diserut dan dijadikan sajian es blewah. Beberapa tempat seringkali menjual es blewah, atau menjadikan blewah sebagai campuran dalam es campur.

Jika ingin menyesuaikan dengan selera, ada baiknya kita buat saja sendiri di rumah. Baik potongan atau serutan blewah dan tingkat kemanisan es blewah bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

5. Kurma

Kurma pun akan semakin sering ditemukan Buah yang satu ini tidak akan pernah melewatkan Ramadan begitu saja. Kurma memang sangat istimewa, seringnya akan mulai hadir menjelang bulan Ramadan dan akan semakin melimpah saat sudah mulai berpuasa. Berbagai jenis kurma pun akan ditawarkan penjual dengan sangat fasih. Beda jenis kurma, akan membedakan harga dan rasanya juga.

Rasa manis kurma akan membuat energi yang terkuras setelah puasa, bisa kembali bertenaga. Bahkan tak jarang hanya berbekal beberapa butir kurma dan minuman hangat pun, buka puasa sudah cukup mengenyangkan.

Nah, itu tadi beberapa sajian khas berbuka puasa yang akan selalu hadir menemani bulan Ramadan. Mana nih yang paling kalian nantikan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak