facebook

Dijuluki "Negeri Bajak Laut", Inilah 5 Fakta Tentang Negara Somalia!

Ahmad Irfan Ramadhan
Dijuluki "Negeri Bajak Laut", Inilah 5 Fakta Tentang Negara Somalia!
Bendera Somalia. (Unsplash)

Somalia adalah salah satu negara yang terletak di tanduk Afrika. Somalia adalah negara yang dikenal dengan kemiskinan, perang saudara, konflik teritorial, dan pemerintahan yang tidak stabil. Namun, seperti negara lain, Somalia juga memiliki destinasi wisata yang menarik, budaya yang unik, dan fakta geografis yang menarik.

Menyadur dari www.worldatlas.com berikut ini adalah 6 fakta tentang Negara Somalia.

1. Somalia adalah salah satu negara dengan budaya yang beragam di Afrika

Sebagian besar negara Afrika memiliki populasi yang beragam secara etnis, Somalia adalah salah satu negara yang memiliki beragam etnis di benua itu. Sebanyak 85% dari populasi negara terdiri dari etnis Somalia. Kebanyakan etnis Somalia banyak ditemukan di wilayah utara sementara etnis minoritas kebanyakan ditemukan di wilayah selatan.

2. Somalia memiliki garis pantai terpanjang di daratan Afrika

Somalia memiliki garis pantai yang panjang di Samudera Hindia dan Teluk Aden. Pantai negara itu membentang 3.025 km, terpanjang dari semua negara di daratan Afrika. Samudra Hindia dan Selat Guardafui berbatasan dengan negara itu di sebelah timur sedangkan Teluk Aden berada di utara Somalia.

3. Somalia memiliki salah satu harapan hidup terendah di dunia

Harapan hidup untuk pria Somalia hanya 53,5 tahun sedangkan untuk wanita adalah 56,6 tahun. Negara ini termasuk di antara 10 negara di dunia dengan harapan hidup termuda. Perang saudara dan kekerasan selama bertahun-tahun, pemerintahan yang tidak stabil, tingkat kemiskinan yang tinggi, iklim yang keras, dan faktor-faktor lain telah bergabung untuk menghasilkan lingkungan yang mematikan di negara dimana warganya sangat rentan terhadap kematian karena penyakit menular dan kejahatan kekerasan.

4. Perompak yang terkenal berasal dari negara ini

Selama beberapa tahun, pembajakan di lepas pantai Somalia oleh perompak Somalia telah menjadi ancaman besar bagi kapal penangkap ikan dan kargo internasional. Banyak kapal yang dijarah oleh perompak Somalia atau awak kapal tersebut disandera dan dibebaskan dengan uang tebusan. Perompak Somalia yang terlibat dalam operasi ilegal semacam itu terkenal karena sifat kejam mereka. Namun belakangan ini, tindakan masyarakat internasional telah membantu menciptakan lingkungan yang relatif aman bagi kapal-kapal yang bergerak di sepanjang pantai Somalia.

5. Somalia merupakan salah satu negara yang tingkat infeksi HIV terendah di Afrika

HIV/AIDS telah menjangkiti sebagian besar Benua Afrika, merenggut jutaan nyawa setiap tahun dari wilayah tersebut dan berdampak kepada perekonomian negara, namun Somalia lebih beruntung dalam hal ini dikarenakan tingkat infeksi HIV di negara ini tergolong rendah.

Itulah 5 fakta tentang negara Somalia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak