facebook

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kuliah Jurusan Seni

Rania Erin Oktiara
4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Kuliah Jurusan Seni
Ilustrasi mahasiswa seni (Pixabay.com/hmerellop)

Menempuh pendidikan sesuai dengan passion adalah dambaan bagi para pelajar khususnya bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Salah satu jurusan dengan minat yang tinggi bagi pelajar kreatif yaitu jurusan seni, baik itu masuk ke ranah pendidikan seni atau seni murni. Rupanya kuliah jurusan seni itu tidak semudah yang orang lain pikirkan. Perlu adanya kesiapan mental dan beberapa hal lain untuk menunjang kebutuhan pendidikan tersebut. Berikut empat hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih kuliah jurusan seni.

1. Siap mental dan fisik

Sama seperti kuliah pada umumnya, kuliah di jurusan seni juga harus mempersiapkan mental dan fisik yang baik. Selain harus berpikir kreatif, kita juga harus bisa menjelaskan maksud dan tujuan kita dalam membuat suatu karya tersebut.

Tidak hanya itu, kesehatan fisik juga perlu dijaga karena tugas anak seni lumayan membutuhkan banyak tenaga dan pikiran untuk satu mata kuliah, khususnya mata kuliah praktikum. 

2. Biaya untuk tugas berkarya yang tidak murah

Kata siapa kuliah seni itu murah? Tidak ada yang murah untuk menghasilkan karya yang totalitas. Oleh karena itu, banyak mahasiswa seni yang turut menjual karya mereka sebagai biaya tambahan untuk berkarya selanjutnya, khususnya berkarya untuk tugas kuliah.

Terlebih apabila dosen sudah menganjurkan mereka untuk pameran, maka mahasiswa juga perlu mencari sponsorship untuk menambah biaya tambahan sewa gedung, dekorasi, dan lain-lain yang belum tercukupi dari uang iuran satu kelompok, angkatan, atau bahkan individu.

3. Mengasah skill secara autodidak

Tidak jarang dosen mengajar di kelas hanya sebatas wawasan yang umum saja. Selebihya mahasiswa sendiri yang mengembangkan, mengasah, dan eksplorasi atas kemampuannya.

Apabila ingin mendapatkan bimbingan berkarya seni hingga mahir, maka bukan kampus tempatnya. Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan masih banyak materi yang harus diselesaikan. Selain itu, kuliah seni tentu mempelajari seputar bidang keilmuan seni, sehingga tidak semuanya tentang praktikum berkarya saja.

Untuk mengasah skill secara autodidak juga tidaklah susah, asalkan ada kemauan dan percaya pada setiap proses. Banyak media digital yang bisa dijadikan sumber referensi untuk berkarya.

4. Harus paham dengan jenjang karir ke depannya

Sebelum memilih jurusan seni harus paham dengan peluang karir ke depannya, khususnya perbedaan antara pendidikan seni atau seni murni. Meskipun kedua jurusan tersebut sama-sama berkecimpung di dunia seni, namun materi pembelajaran yang diterima jelas berbeda. Sehingga jangan sampai salah dalam memilih jurusan supaya tidak menyesal nantinya.

Itu dia 4 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih jurusan seni. Bagaimana? Apakah kamu masih berminat untuk memilih jurusan tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak