facebook

4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Buku 'The Richest Man in Babylon'

Rizky Melinda Sari
4 Hal yang Bisa Dipelajari dari Buku 'The Richest Man in Babylon'
Cover Buku The Richest Man in Babylon (twitter/@1WealthHealth)

Masalah keuangan merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh orang-orang dari zaman dulu hingga zaman sekarang. Mulai dari remaja hingga dewasa, uang selalu dapat menimbulkan berbagai permasalahan yang rumit jika mereka tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Salah satu cara untuk dapat mengetahui cara mengelola uang dengan baik adalah melalui buku-buku yang bertema keuangan. Seperti buku yang berjudul The Richest Man in Babylon karya George S. Clarson yang berisi tentang saran mengenai keuangan. Berikut beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari buku keuangan yang keren ini.

1. Menabung di awal

Ketika kita baru menerima gaji atau uang, segera sisihkan minimal 10% dari uang yang kita dapatkan tersebut untuk ditabung sebelum kita belanjakan. Mungkin terkesan sulit bagi sebagian besar orang, apalagi jika terbiasa konsumtif. Namun, hal ini merupakan salah satu kebiasaan keuangan yang baik. Jadi, ketika kita baru mendapatkan uang, urutan yang tepat adalah menabung, pengeluaran rutin, baru yang terakhir adalah hiburan.

2. Buat uang bekerja untuk kita

Orang kaya pasti berusaha membuat uang bekerja untuk mereka. Sama seperti pelajaran yang terdapat pada buku Rich Dad Poor Dad, orang kaya pasti lebih fokus untuk menghabiskan waktu mereka pada investasi daripada membeli berbagai barang mewah atau hal-hal konsumtif lainnya. Investasi yang tepat dapat menjadi sumber pendapatan pasif yang cukup besar nantinya. Pelajaran penting lainnya, investasikan uang yang kita dapatkan pada bidang invesitasi yang kita pahami.

3. Hindari berutang kepada orang lain

Salah satu hal yang sering menghambat keuangan seseorang adalah kebiasaan berutang. Utang yang dimaksud adalah utang konsumtif. Hndari berutang untuk membeli barang-barang mewah karena hal tersebut hanya akan membuat kita kewalahan sendiri. 

4. Upgrade diri sendiri

Investasi terbaik adalah investasi kepada diri sendiri. Agar kita bisa semakin profesional dan jago di bidang yang kita geluti, kita jangan ragu untuk mengembangkannya dan meng-upgrade diri sendiri. Ikuti berbagai kelas atau seminar yang berhubungan dengan bidang yang sedang kita geluti. Semakin profesional kita, maka bayaran yang akan kita terima juga akan semakin tinggi.

Itulah empat pelajaran penting yang bisa kita dapatkan dan kita terapkan dari buku yang berjudul The Richest Man in Babylon. Buku ini direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencoba mengatur keuangan. Tertarik untuk membacanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak