facebook

7 Kelebihan Pakai Aplikasi ZArchiver di Android, Setuju?

Ibnuh Sulaiman
7 Kelebihan Pakai Aplikasi ZArchiver di Android, Setuju?
Logo Aplikasi ZArchiver (Google Play Store)

Pernahkah kalian berpikir bisa gak sih mengarsipkan file yang kalian miliki cuma bermodalkan smartphone Android saja ? Tentu saja bisa dong. Caranya dengan menggunakan aplikasi ZArchiver. Kini banyak sekali aplikasi-aplikasi sejenis yang ada bertebaran di marketplace atau toko aplikasi di Android. Namun, yang paling terbaik dari yang ada tersebut adalah aplikasi ZArchiver ini.

ZArchiver merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengarsipkan file yang ada di Android. Kalian bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Ada 3 versi dari aplikasi ZArchiver ini : ZArchiver, ZArchiver Donate, dan ZArchiver Cloud Plugin. Untuk ZArchiver Donate ini adalah aplikasi ZArchiver versi berbayar. Sedangkan ZArchiver Cloud Plugin yakni sebuah fitur plugin/extension tambahan untuk aplikasi ZArchiver utama.

Oke, kemudian apa saja kelebihan dari aplikasi ZArchiver ini daripada aplikasi sejenis yang ada di Google Play Store ? Nah, berikut ini tujuh kelebihan menggunakan aplikasi ZArchiver dibandingkan aplikasi lainnya di android adalah sebagai berikut ini :

1. Tanpa Iklan

Yang pertama Tidak ada iklan di aplikasi ZArchiver. Biasanya developer dari aplikasi-aplikasi yang sifatnya gratis sering menyisipkan iklan ke dalam aplikasinya tersebut. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi aplikasi ZArchiver ini. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus khawatir ketika menggunakan ZArchiver ini, muncul iklan yang mengganggu secara tiba-tiba.

2. Mudah dan Gratis

Yang kedua adalah Mudah dan Gratis. Mudah karena aplikasi ini bisa kalian gunakan secara mudah dan sederhana tanpa kalian harus merasa ribet saat menggunakannya. Apalagi, aplikasi ZArchiver ini tersedia secara gratis dan bebas diunduh di Google Play Store. Walaupun ZArchiver ini juga tersedia versi yang berbayar yakni ZArchiver Donate, tapi antara ZArchiver biasa dengan yang Donate tidaklah jauh beda. Paling pada versi ZArchiver Donate ini, kalian bisa mengubah color theme yang sebelumnya fitur tersebut terkunci pada aplikasi ZArchiver biasa dan beberapa fitur lainnya.

3. File Manager

Yang ketiga aplikasi ZArchiver selain fungsi utamanya untuk mengarsipkan file, aplikasi ini bisa kalian gunakan juga untuk sebagai File Manager juga. Karena tampilan user interface aplikasinya yang dibuat serupa dengan File Manager, yang mana di aplikasi ZArchiver ini, kalian bisa membuat folder, menghapus, menyalin, menempel, memindahkan, share, mengubah nama, dan mengetahui informasi sebuah file layaknya sebagaimana aplikasi file manager pada umumnya.

4. Ukuran Aplikasi Kecil

Yang keempat adalah ukuran instalasi dari aplikasi ZArchiver ini hanya kurang dari 5 MB saja. Jadi, dengan ukuran segitu akan menghemat space storage internal pada smartphone Android kalian. Aplikasi ini selain ukurannya kecil, juga ringan saat digunakan. Jadi ZArchiver ini tidak banyak memakan space RAM pada smartphone kalian secara drastis.

5. Support Bahasa Indonesia

Yang kelima, aplikasi ini juga mendukung bahasa Indonesia. Jika sewaktu kalian menginstal aplikasi ini dalam keadaan bahasa Inggris, kalian bisa mengubah settingan bahasa ZArchiver ini ke bahasa Indonesia dengan cara klik ikon tiga ---> Setting. Kemudian tekan menu Interface ---> Language. Lalu scroll ke bawah dan cari Bahasa Indonesia lalu pilih. Kemudian, tutup dan buka kembali aplikasi ZArchiver. Secara otomatis bahasa di aplikasi ZArchiver akan berubah ke bahasa Indonesia.

6. Kustomisasi Tampilan

Yang keenam pada aplikasi ZArchiver ini, kalian bisa mengubah tampilan yang ada dengan mengakses Menu Interface di Setting. Disitu, kalian bisa mengatur warna toolbar, warna folder, ukuran font, background, tema ikon, dan lain-lain sebagainya. Namun, khusus untuk mengubah color theme, hanya tersedia untuk ZArchiver versi Donate saja. Sedangkan pada versi ZArchiver bisa, opsi tersebut akan terkunci.

7. Fitur Upload ke Cloud Storage

Yang terakhir, aplikasi ZArchiver ini bisa kalian gunakan untuk mengupload file kalian ke layanan Cloud Storage. Layanan cloud storage yang tersedia seperti Google Drive, Dropbox, Box.com, 4shared, dan lain-lain sebagainya.

Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pertama kalian harus menginstal aplikasi tambahan di Google Play Store yang bernama ZArchiver Cloud Plugin. Jika sudah terpasang, kemudian bukanlah aplikasi ZArchiver kalian dari pergi ke menu Plugin di menu Setting. Lalu pilih Cloud Storage. Nah, kemudian kalian bisa langsung Add New Profile dan tinggal kalian setting sendiri sesuai kebutuhan.

Nah, itulah tadi tujuh kelebihan menggunakan aplikasi ZArchiver dibandingkan aplikasi lainnya di android. Menurut kalian, kelebihan apalagi yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan aplikasi ZArchiver ini selain yang telah disebutkan di atas ? Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak