facebook

Ada Dukungan Pemerintah di Balik Kesuksesan Hallyu, Simak 4 Faktanya

Dini Hariyani
Ada Dukungan Pemerintah di Balik Kesuksesan Hallyu, Simak 4 Faktanya
Ilustrasi Korea. (Pexels.com/ Pixabay)

Istilah Hallyu berasal dari bahasa Cina yang berarti Gelombang Korea. Hallyu dianggap sudah dimulai pada tahun 1999 ketika jurnalis dari Cina pertama kali menciptakan istilah Hallyu Wave atau Gelombang Korea.

Kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi. Beragam film, drama, bahkan musik sudah menyebar ke berbagai negara. Hal ini tidak mengherankan karena pemerintah juga turut berperan untuk menyukseskan Gelombang Korea ini.

Berikut ini beberapa peran pemerintah Korea Selatan untuk kesuksesan Hallyu menyadur dari laman 99dayskorean.

1. Terencana oleh pemerintah

Fenomena Hallyu bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Sejak awal, Hallyu telah dikelola secara rinci dan terstruktur oleh Kementerian Kebudayaan yang berfokus pada alokasi sumber daya untuk budaya pop, pariwisata, dan olahraga.

Hal ini, tentu saja ini memungkinkan industri hiburan untuk tumbuh. Melalui banyak fokus, perencanaan, dan strategi mengubah budaya Korea menjadi kekuatan yang hebat.

2. Ekspor budaya

Secara serius pemerintah menjadikan Hallyu sebagai salah satu ekspor Korea terbesar. Merupakan ide unik bagi sebuah negara mengekpor budaya mereka yang dapat diterima di berbagai negara.

Tidak ada negara lain di dunia menjadikan budaya pop mereka sebagai salah satu ekspor utama mereka seperti Korea yang menjadikan Hallyu sebagai kekuatan bagi negara ini.

3. Menentukan target audiens

Banyak waktu dan usaha telah dicurahkan untuk mempelajari target audiens secara mendetail untuk kepopleran budaya korea ini.

Pemerintah memperoleh pemahaman tentang produk yang populer dan mungkin sukses dengan target audiens dari orang Asia. Maka pemerintah pada langkah selanjutnya adalah membuat film, drama TV, dan musik Korea tersebut.

4. Pariwisata di Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan dan Kementerian Kebudayaan semakin gencar menyelenggarakan festival budaya Korea dan membuka pusat budaya Korea di 28 negara. Yayasan Korea tersebut memberikan laporan untuk menentukan target penerima Hallyu di negara-negara tersebut.

Inilah salah satu peran pemerintah untuk mempromosikan K-pop dan aspek lain dari Korean Wave. Maka tak heran pariwisata Korea saat ini terkait dengan Hallyu yang secara umum meningkatkan pariwisata Korea.

Itulah beberapa peran pemerintah Korea yang menjadikan Hallyu begitu sukses di negara lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak