facebook

5 Fakta Djibouti, Salah Satu Negara Terkecil di Benua Afrika

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Djibouti, Salah Satu Negara Terkecil di Benua Afrika
Bendera Djibouti.(Unsplash.com/Royal Graphics)

Djibouti adalah negara yang terletak di bagian timur Benua Afrika. Ibukota Djibouti adalah Djibouti City. Dahulunya Djibouti adalah salah satu negara jajahan Prancis, tak heran jika bahasa resmi negara ini adalah bahasa Prancis. Kebudayaan Djibouti juga dipengaruhi oleh kebudayaan yang berasal dari Prancis. Djibouti memiliki beragam fakta dan keunikan yang terdapat di negara ini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut ini adalah 5 fakta negara Djibouti.

1. Djibouti terletak di Tanduk Afrika

Republik Djibouti adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Eritrea berbatasan dengan Djibouti di bagian utara. Somalia berbatasan dengan Djibouti di bagian selatan. Ethiopia berbatasan dengan Djibouti di  bagian barat daya. Laut Merah dan Teluk Aden berbatasan dengan Djibouti di bagian timur.

2. Djibouti adalah negara terkecil ketiga di benua Afrika

Djibouti memiliki luas wilayah sebesar 23.200 km persegi (8.958 sq mi). Djibouti adalah negara terkecil ketiga di benua Afrika setelah Swaziland (terkecil kedua) dan Gambia (terkecil pertama). Pada tahun 2022, total populasi Djibouti adalah 1.016.288 jiwa yang setara dengan 0,01 persen dari total populasi dunia.

3. Djibouti memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 1977

Bergabung dengan Ethiopia, Eritrea, dan Somaliland, Djibouti adalah bagian dari kerajaan kuno yang disebut Tanah Punt. Kemudian, dari tahun 1888-1977 Djibouti adalah bagian dari koloni Prancis di Somaliland dan menjadi ibu kotanya dari tahun 1894. Pada tahun 1967, pemerintah menamai Djibouti sebagai wilayah Prancis Afar dan Issas. Negara ini akhirnya memperoleh kemerdekaan penuh pada tahun 1977 dan pemerintah memberinya nama Republik Djibouti.

4. 90% wilayah Djibouti adalah gurun

Negara ini terdiri dari 90 persen tanah gurun yang salah satunya adalah Gurun Danakil. Gurun Danakil adalah salah satu tempat terendah dan terpanas di Bumi. Akibatnya, negara ini memiliki iklim yang panas dan kering. Suhu secara teratur naik di atas 40 derajat celsius selama bulan-bulan yang menyebabkan musim panas dan membuat tanahnya menjadi gersang.

5. Bendera nasional Djibouti penuh makna

Bendera nasional Djibouti memiliki dua warna horizontal dengan garis-garis biru muda dan hijau muda yang sama dengan segitiga putih sama sisi di bagian kiri. Djibouti adalah negara multietnis dan bendera mewakili kedua kelompok etnis. Warna hijau mewakili orang-orang Afar dan merupakan simbol kemakmuran. Warna biru muda melambangkan orang Issa dan melambangkan laut serta langit. Bendera tersebut diresmikan pada 27 Juni 1977 saat Djibouti mencapai kemerdekaannya.

Itulah tadi 5 fakta negara Djibouti. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak