facebook

5 Fakta Malawi, 20 Persen Wilayah Negara Ini Ditutupi oleh Air

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Malawi, 20 Persen Wilayah Negara Ini Ditutupi oleh Air
Peta Malawi (Unsplash.com/dk_photos)

Malawi adalah negara yang terletak di bagian selatan Benua Afrika. Ibu kota Malawi adalah Lilongwe. Dahulunya Malawi adalah negara jajahan Inggris, tak heran jika bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Inggris dan sekarang Malawi tergabung ke dalam anggota commonwealth (negara persemakmuran Inggris).

Malawi memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari laman Bigseventravel, berikut ini adalah 5 fakta negara Malawi.

1. 20 persen wilayah Malawi adalah air

Danau Malawi adalah danau terbesar ketiga dan terdalam kedua di Afrika. Danau ini merupakan danau terbesar kesembilan di dunia. Danau ini berukuran 350 mil dari bagian utara ke ujung selatan. Danau Malawi membentang hampir di seluruh wilayah negara. Danau ini begitu besar hingga mencapai sepertiga wilayah Malawi.

2. Malawi artinya adalah api

Malawi artinya adalah kobaran api. Kata ini berasal dari Kerajaan Maravi yang pernah menduduki tempat yang sekarang menjadi perbatasan Malawi, Mozambik, dan Zambia. Malawi juga disebut sebagai "jantung Afrika yang hangat" karena penduduknya yang baik dan murah hati.

3. Malawi adalah salah satu negara kolonial Inggris

Malawi menjadi negara kolonial Inggris sejak pertengahan abad kesembilan belas. Protektorat Inggris didirikan pada tahun 1889 dan memiliki nama resmi "Nyasaland" pada tahun 1907. Pada tahun 1964, Malawi secara resmi menjadi negara merdeka, kemudian menjadi sebuah negara republik dua tahun setelahnya.

4. Malawi adalah tempat yang cocok untuk bersafari

Masalah perburuan telah terjadi selama beberapa dekade terakhir sehingga Malawi tidak termasuk dalam daftar tujuan safari para wisatawan. Berkat upaya konservasi, sekarang ada empat tempat yang dilindungi di Malawi, di antaranya adalah Suaka Margasatwa Majete, Suaka Margasatwa Mangochi, Taman Nasional Liwonde, dan Suaka Margasatwa Nkhotakota.

5. Ekspor utama negara Malawi adalah tembakau

Tembakau menyumbang hampir 70 persen dari ekspor Malawi dan berjumlah sekitar $584 juta. Teh menyumbang $83,4 juta sementara gula mentah menyumbang $75,2 juta.

Belgia, Amerika Serikat, Mesir, Afrika Selatan, dan Jerman adalah negara yang paling banyak mengimpor bahan dari Malawi. Malawi juga merupakan produsen teh terbesar kedua di Afrika setelah Kenya.

Itulah tadi 5 fakta negara Malawi. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak