facebook

Dijuluki 'Mutiara Afrika', Inilah 4 Fakta Uganda

Ahmad Irfan Ramadhan
Dijuluki 'Mutiara Afrika', Inilah 4 Fakta Uganda
Peta dan Bendera Uganda (Unsplash.com/MarkRubens)

Uganda adalah negara yang terletak di bagian timur Benua Afrika. Ibukota Uganda adalah Kampala. Dahulunya Uganda adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang bergabung ke dalam anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris.

Uganda memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari Bigseventravel berikut ini adalah 4 fakta negara Uganda.

1. Uganda dijuluki sebagai "Mutiara Afrika"

Uganda memiliki keanekaragaman hayati dan lanskap alam yang menakjubkan, mulai dari danau hingga puncak yang tertutup salju dan hutan hujan tropis.

Winston Churchill menggambarkan Uganda sebagai "Mutiara Afrika/Pearl of Africa" dalam bukunya yang ditulis pada tahun 1908, My African Journey.

2. Danau terbesar di Afrika terdapat di Uganda

Danau Victoria membentang seluas 26.828 mil persegi (69.484 km persegi). Danau ini adalah danau terbesar di Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar terbesar kedua di dunia berdasarkan luas permukaan.

Danau ini memiliki kedalaman maksimum 262-276 kaki (80-84 meter) dan kedalaman rata-rata 130 kaki (40 meter). Hampir setengah danau (45%) berada di Uganda, 6% berada di Kenya dan 49% sisanya berada di Tanzania. Danau ini juga merupakan tempat tinggal bagi spesies ikan endemik dan terancam punah seperti Cichlids dan Nil Perch.

3. Uganda memiliki hampir setengah populasi gorila gunung yang masih hidup di dunia

Taman Nasional Bwindi Impenetrable adalah tempat tinggal bagi sekitar 340 gorila gunung (hampir setengah dari populasi dunia yang masih hidup).

Taman Nasional Bwindi Impenetrable terbentang seluas 128 mil persegi (331 km persegi) dan merupakan tempat tinggal bagi sejumlah besar spesies yang terancam punah, seperti gajah hutan, 11 spesies primata termasuk simpanse, kucing emas Afrika, dan babi hutan raksasa yang langka.

4. Uganda adalah surga bagi para pengamat burung

Uganda merupakan salah satu tujuan bagi pengamat burung terbaik di dunia. Setidaknya ada 1.041 spesies burung di negara ini. Terhitung hampir setengah dari total yang ditemukan di seluruh benua dan 11% dari spesies dunia.

Beberapa tempat terbaik di Uganda untuk mengamati burung adalah Bwindi Impenetrable National Park, Mabamba Bay Wetland, dan Entebbe Peninsula.

Itulah tadi 4 fakta negara Uganda. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak