facebook

Pantai Kukup Gunungkidul, Wisata Keluarga Mengasyikkan yang Mirip Tanah Lot

Anisa Rachma Agustina
Pantai Kukup Gunungkidul, Wisata Keluarga Mengasyikkan yang Mirip Tanah Lot
Pantai Kukup Gunung Kidul (Dok. Pribadi/Anisa Rachma Agustina)

Libur kenaikan kelas tenggah berlangsung ini saatnya kamu dan keluarga menghabiskan waktu liburan untuk menambah kedekatan antara anggota keluarga. Jadikan juga liburan semester ini sebagai hadiah untuk anak-anak yang baru saja mengerjakan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dan menerima raport kenaikan kelas.

Salah satu destinasi favorit anak-anak adalah pantai. Di pantai anak-anak dapat bermain air, bermain pasir serta mencari beberapa hewan laut seperti kepompong. Berlibur ke pantai bukan hanya sebagai sarana refresing namun juga edukasi untuk anak. Salah satu destinasi yang bisa jadi rekomendasi wisata keluarga adalah Pantai Kukup Gunungkidul.

Salah satu keunikan Pantai Kukup adalah adanya pulau karang yang menyerupai pulau karang di Tanah Lot Bali. Untuk sampai pada wahana ini kamu akan terlebih dahulu berjalan pada jembatan menuju pulau karang tersebut.

Jadi, kamu dan keluarga bisa menikmati liburan di Yogyakarta dengan nuansa Bali. Pasir di Pantai Kukup adalah pasir putih, air laut yang begitu memukau dan suasan pantai yang sangat damai membuat kamu dan keluarga akan nyaman berada di sana.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Pantai Kukup ini berlokasikan di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Salah satu rute menuju Pantai Kukup adalah melewati Wonosari, setelah itu kamu akan menemukan dua arah yakni arah Pantai Baron dan Pantai Ngobaran, lalu ambil arah kiri menuju pantai Baron.

Setelah itu kamu akan menemukan pertigaan lalu ambil kiri hingga kamu sampai di Pantai Kukup. Setelah berada pada jalur tersebut luruslah hingga kamu menemukan plang yang menunjukkan lokasi Pantai Kukup.

Apabila kamu seorang backpacker yang menggunakan sarana transportasi umum, maka naiklah bus dengan jurusan Yogyakarta hingga Wonosari dan turunlah di Terminal Giwangan. Setelah sampai terminal, kamu dapat melanjutkan pejalanan dengan mengendarai bus jurusan pantai Baron. Setelah itu naiklah ojek hingga Pantai Kukup.

Retribusi Tiket Masuk

Liburan ke pantai adalah salah satu pilihan wisata yang murah dan menyenangkan, pasalnya kamu dan rombongan tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu banyak karena dapat dipastikan bahwa restribusi tiket masuk pantai sangat terjangkau dibandingkan restribusi masuk ke wahana-wahana permainan maupun waterboom.

Salah satu destinasi pantai murah meriah yang bisa kamu jadikan referensi liburan bersama keluarga adalah Pantai Kukup. Hanya dengan merogoh kocek Rp 10.000 kamu sudah dapat menikmati keindahan pantai dan berjemur sepuasnya.

Untuk biaya parkir motor sekitar Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus Rp 20.000. Harga yang sangat terjangkau untuk waktu liburan yang sangat berkesan dengan keluarga tercinta.

Jadi bagaimana, tertarik berlibur ke Pantai Kukup?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak