facebook

Pesona Pasar Seafood Pantai Kukup, Liburan Bonus Wisata Kuliner

Anisa Rachma Agustina
Pesona Pasar Seafood Pantai Kukup, Liburan Bonus Wisata Kuliner
Pasar Ikan Goreng Pantai Kukup Gunung Kidul (Dokumen Pribadi/Anisa Rachma Agustina)

Pantai Kukup adalah salah satu destinasi wajib ketika kamu dan rombongan berlibur ke Gunung Kidul. Pantai ini berada di di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Salah satu ikon pantai Kukup adalah pulau Karang yang menyerupai pulau karang di Tanah Lot Bali. Jadi untuk kamu yang belum pernah ke Tanah Lot Bali kamu bisa mencoba berwisata terlebih dahulu ke pantai Kukup.

Tiket masuk ke pantai Kukup lumayan terjangkau, yakni sekitar Rp. 10.000 dan untuk restribusi parkir untuk sepeda motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000 dan untuk bus Rp. 20.000. harga yang sangat terjangkau untuk paket liburan yang sangat mengasikkan. Hamparan pasir putih akan memanjakan para wisatawan. Terdapat beberapa penjual yang menjual ember plastik dan skop kecil ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin membuat istana pasir namun tak membawa peralatan. Kamu juga bisa menaiki tebing karang dan melihat panorama pantai Kukup dari atas tebing yang begitu exotic.

Setelah lelah saatnya untuk kembali pulang, sebelum pulang sempatkan untuk berburu kuliner seafood yang sangat menggugah selera. Deretan penjual seafood akan menemani kamu dan rombongan. Mereka berjualan di meja keramik yang tertata dengan tumpukan seafood yang telah digoreng dengan garing dan krispi. Hamir setiap wisatawan selalu menyempatkan untuk membeli seafood di pantai Kukup. Sebagai buah tangan atau disantap di tempat karena juga tersedia nasi hangat.

Seafood-seafood itu terdiri dari udang goreng tepung dengan berbagai ukuran, jadi untuk kamu yang suka udang kecil dapat memilih udang kecil. Untuk kamu yang suka udang besar dengan rasa daging yang begitu lembut kamu bisa memilih udang besar. Terdapat pula ikan-ikan laut kecil yang digoreng garing dan sangat lezat. Adapula ikan goreng besar yang tak kalah lezat memanjakan setiap wisatawan.

Untuk kamu yang memiliki keahlian menawar, jangan lupa menawar sebelum membeli. Olahan seafood ini dijual kiloan, jadi kamu akan ditawarkan berapa ons/gram/kilogram seafood yang akan kamu beli. Sesuaikan budget dan porsimu ketika berbelanja seafood. Untuk udang goreng dijual dengan kisaran Rp. 40.000 kamu tak perlu membersihkan, mengolah atau menggoreng kamu tinggal menikmati udang goreng tepung yang sangat lezat ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak