facebook

Pesona Wisata Waduk Bajul Mati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi

Zakiy Marenda
Pesona Wisata Waduk Bajul Mati, Miniatur Raja Ampat di Banyuwangi
Wisata Waduk Bajul Mati (Instagram/@asemaulana)

Pastinya kamu sudah sering mendengar pesona indahnya kepulauan Wayag yang berada di Raja Ampat. Sayangnya tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk mengunjungi kepulauan yang terkenal sangat eksotis tersebut, dikarenakan untuk bisa sampai ke ujung Papua Barat membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga waktu yang cukup lama.

Tapi tenang saja, di Jawa Timur khususnya Kota Banyuwangi terdapat salah satu destinasi wisata yang mirip dengan Raja Ampat. Seperti miniatur dari Raja Ampat, obyek wisata yang ada di ujung Jawa Timur tersebut bernama Waduk Bajul Mati. Disana kamu dapat menikmati indahnya lanskap dari kepulauan Wayag dalam versi mini serta beragam kegiatan yang tak kalah menarik.

Obyek wisata Waduk Bajul Mati mulai buka sekitar pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Ada baiknya apabila kamu ingin berwisata ke Waduk Bajul Mati berkunjunglah ketika pagi atau sore hari. Karena pada jam-jam tersebut matahari tidak begitu menyengat, sehingga kamu bisa dengan nyaman untuk mengeksplor wisata Waduk tersebut.

Untuk biaya masuk wisata ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 saja, sangat terjangkau dan tidak menguras isi dompet kan? Selain itu pengunjung juga dikenakan tarif parkir sebesar Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp 25.000. 

Objek wisata Waduk Bajul Mati ini memiliki daya tarik seperti:

1. Spot selfie

Di waduk ini terdapat salah satu area yang mejadi primadona untuk berselfie atau berswafoto. Spot tersebut merupakan lorong untuk masuk ke area wisata. Lorong tersebut memiliki panjang sekitar 100 meter serta terdapat sebuah tebing pada ujung lorong. Tebing tersebut begitu mirip dengan tebing yang terdapat di pantai pandawa Bali.

2. Wisata kuliner

Daya tarik lainnya dari Waduk Bajul Mati ini yaitu wisata kuliner yang ada disana. Disana kamu akan menemuai sejumlah kafe saat melewati pintu gerbang, selain kafe disana juga terdapat warung dan juga restoran yang menyajikan beragam macam menu. Kamu bisa mencoba menu andalan yang ada disana seperti Sego Cawuk, Rujak Soto, dan Pecel-Rawon.

3. Surga bagi para pemancing

Bagi kamu yang menyukai kegiatan memancing, kamu bisa mencoba peruntungandi Waduk Bajul Mati ini. Terdapat banya sekali jenis ikan tawar yang ada di waduk ini. Kamu bisa memancing sembari menikmati keindahan alam sekitar yang pastinya akan membuat pikiran menjadi tenang.

Nah, itulah tadi sekilas info tentang Wisata Waduk Bajul Mati yang menjadi miniatur Raja Ampat di Ujung Jawa Timur, jangan lupa untuk memasukkan objek wisata ini ke dalam list liburanmu ya, semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak