facebook

Menemukan Ketenangan di Telaga Kumpe Banyumas, Dijamin Nyaman Banget

Dyah Ayu Millania
Menemukan Ketenangan di Telaga Kumpe Banyumas, Dijamin Nyaman Banget
Pesona Telaga Kumpe yang Eksotis (Instagram/@potret_banyumasan)

Butuh healing, tapi bingung mau ke mana? Tenang, Telaga Kumpe bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kebingunganmu.

Telaga Kumpe adalah salah satu destinasi wisata berupa keindahan telaga di Kabupaten Banyumas. Suasananya yang tenang mampu menyegarkan pikiran dari rasa stres dan penat yang menyumbat. Perbukitan hijau juga turut mengelilingi Telaga Kumpe, sehingga menambah kesan yang eksotis.

Bunyi kicauan burung dan sejuknya udara di Telaga Kumpe akan membuatmu terkesan. Pengunjung akan dibuat terbuai dengan sajian keindahan yang ada. Panorama yang disajikan sangat indah dan wajib untuk dipamerkan di media sosial.

Lokasi dan Rute

Telaga Kumpe dapat disambangi menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil. Jika berkunjung ke sini, disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja karena tidak ada angkutan umum yang beroperasi di sekitar telaga.

Kondisi jalan menuju telaga dalam keadaan baik namun cukup terjal dan menanjak. Telaga Kumpe berlokasi di Dusun III, Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dari pusat Kota Purwokerto arahkan kendaraan ke Jalan Bumiayu-Purwokerto/Jalan Raya Tegal-Purwokerto menuju ke Jalan Glempang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa memanfaatkan teknologi Google Maps.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati keindahan Telaga Kumpe, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mereka mematok harga yang terjangkau, yakni:

  • Tiket masuk: Rp 5.000
  • Parkir motor: Rp 2.000
  • Parkir mobil: Rp 5.000

Telaga Kumpe dapat kamu kunjungi setiap hari pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Sejarah Telaga Kumpe

Nama Kumpe sendiri diambil dari nama tanaman yang tumbuh di sekitar telaga. Kumpe merupakan singkatan dari “dikum” yang artinya direndam dan “dipe” yang artinya dijemur. Istilah tersebut persis dengan akar tanaman kumpe yang terendam di air dan daunnya menyembul terkena sinar matahari.

Daya Tarik Telaga Kumpe

Telaga Kumpe menyediakan fasilitas perahu yang dapat disewa dengan harga Rp 5.000 untuk 30-45 menit. Dengan menyewa perahu, kamu bisa mengitari area telaga dengan leluasa.

Satu perahu mampu menampung sebanyak tiga orang. Serunya, kamu bisa mengayuh perahu sendiri atau jika takut akan ada pemandu yang mendampingi.

Setiap perahu sudah dilengkapi dengan rompi pelampung. Air di Telaga Kumpe cukup jernih, bahkan ikan-ikan yang hidup di sana bisa terlihat jelas oleh mata.

Di sekitar kawasan Telaga Kumpe juga tersedia warung-warung makanan. Kamu bisa mencicipi makanan khas Banyumas yaitu tempe mendoan yang terkenal dengan kelezatannya.

Bagi yang penasaran dengan pesona Telaga Kumpe, langsung saja datangi tempatnya. Kamu bisa mengakses instagram @telagakumpeofficial untuk informasi terupdate. Selamat berlibur dan bersenang-senang!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak