facebook

Melihat Kehidupan Remaja Autisme dari Buku 'My Aspie Girl'

Rizky Melinda Sari
Melihat Kehidupan Remaja Autisme dari Buku 'My Aspie Girl'
Ilustrasi buku My Aspe Girl (dokumentasi pribadi/riizkymelinda)

Membaca tentang kisah antara cewek biasa yang bertemu dengan cowok idola mungkin terdengar mainstream. Namun, cerita satu ini menawarkan hal yang berbeda. Mengangkat latar yang cukup unik, kisah dalam buku ini bercerita tentang seorang anak autisme

IDENTITAS BUKU

Judul Buku: My Aspie Girl

Penulis: Hannah Angie

Penerbit: Gramedia Writing Project

Jumlah Bab: 22 Bab + 2 Epilogue 

ULASAN LENGKAP

Aspie Girl? Aku bertanya-tanya saat membaca judul buku ini. Berbekal rasa penasaran dan ingin tahu, aku memutuskan untuk membacanya. Di bab awal, aku sudah lumayan takjub karena tema yang diangkat cukup unik dan berbeda, yaitu tentang anak autisme.

Eva Dimitri, seorang anak dan cucu politikus terkenal, didiagnosis mengalami autisme sejak kecil. Hal ini tentu saja menjadi aib bagi keluarganya. Kedua orangtuanya menjadi super protektif dengan mengendalikan hidup Eva dengan ketat, seakan Eva merasa ia seperti domba dan kedua orangtuanya terutama ayahnya adalah gembalanya.

Hidup Eva mulai berubah sejak ia bertemu dengan Rasheed Raniri, salah satu anggota band TETRA, band yang digandrungi remaja seumurannya. Eva juga tidak bisa menampik bahwa ia setiap hari mendengarkan musik mereka, terutama lagunya yang berjudul Belia.

Walaupun cukup mainstream dengan alur cewek biasa (walaupun dalam kasus ini Eva sama sekali bukan orang biasa) yang bertemu dengan seorang cowok idola yang punya banyak penggemar, cerita ini tetap punya kesan tersendiri untukku. Apalagi ada berbagai pengetahuan baru mengenai autisme yang selama ini tidak kuketahui. Bahasa yang ringan dan 'remaja-able' semakin membuat buku ini menarik.

Perjuangan Eva untuk membuktikan bahwa dia bisa mandiri dan mengandalkan dirinya sendiri, pengorbanan Rasheed untuk merelakan Eva, serta kisah haru antara Rasheed dan kedua orang tuanya, tidak lupa peran orang tua Eva yang awalnya cukup menyebalkan di mataku tetapi ternyata alasan di baliknya bisa dipahami, hanya merupakan sebagian dari beberapa hal yang paling aku suka dari cerita ini.

Lantas, bagiamana akhirnya hubungan Eva dan Rasheed? Apakah makna sebenarnya dari 'My Aspie Girl'? Buku ini baru diterbitkan dalam buku digital, dan hanya bisa kamu baca melalui aplikasi Gramedia Digital. Kamu tertarik untuk membacanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak