facebook

Surga di Timur Indonesia, Ini 4 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Alor

Finny Sarimata
Surga di Timur Indonesia, Ini 4 Objek Wisata Pantai di Kabupaten Alor
Pantai Duli Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)

Kabupaten Alor menjadi salah satu kabupaten dari 22 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT). Provinsi NTT merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya terletak di Kota Kupang. Terdiri dari 309 kecamatan, 327 kelurahan dan 3026 desa, provinsi NTT memiliki luas wilayah total sekitar 47.931,54 kilometer persegi. Total populasinya pada tahun 2020 sekitar 5.325.566 jiwa. Daerah ini memiliki flora dan fauna yang khas yaitu cendana dan komodo. 

Setiap kabupaten/kota di NTT memiliki kekayaan alam, bahasa, budaya, dan objek wisata. Kabupaten Alor menjadi salah satu destinasi liburan yang sangat ingin didatangi wisatawan karena menyimpan begitu banyak keindahan. Selain penduduk setempat, wisatawan yang berkunjung juga berasal dari kota dan provinsi lain bahkan dari luar negeri. Menyuguhkan berbagai keindahan yang mampu menghilangkan kepenatan rutinitas, beberapa tempat wisata di Kabupaten Alor berikut ini dapat kamu jadikan destinasi liburan kamu dan keluarga. Simak selengkapnya, yuk. 

1. Pantai Ling'al

Pantai Ling'al Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)
Pantai Ling'al Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)

Berjarak sekitar 150 km dari pusat Kota Kalabahi, pantai Ling’al terletak di sisi barat daya Pulau Alor, tepatnya di Kampung Lingal, Desa Halerman, Kecamatan Alor Barat Daya. Pantai Lingal ini memiliki hamparan pasir putih yang luas di sepanjang pesisirnya. Kondisi pantai cukup landai dan berpasir putih halus dengan lebar pantai 30-50 meter, sedangkan panjangnya kira-kira mencapai 1 km.

Untuk sampai ke lokasi tersebut, dapat ditempuh dengan perjalanan laut selama dua jam menggunakan perahu. Pengunjung juga bisa memilih perjalanan darat, tetapi memakan waktu lebih dari 6 jam perjalanan dengan kondisi jalan yang cukup ekstrim bagi penyuka off road. Disarankan agar menggunakan mobil berpenggerak empat roda dan motor trail jika memilih rute darat. 

2. Pantai Pigewa

Pantai Pigewa Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)
Pantai Pigewa Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)

Pantai Pigewa terletak di Desa Elok, Karangle, Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor. Jarak dari Kota Kalabahi sekitar 130 km. Pengunjung dapat menggunakan transportasi darat yaitu kendaraan roda 4 dan roda 2. Waktu tempuh sekitar 4 jam. Bagi yang akan berkunjung ke desa ini harus melewati banyak tanjakan, turunan, tikungan dan bukit. Selain itu, pengunjung juga harus mendaki gunung terjal dan melewati turunan curam untuk bisa sampai ke Desa Karangle.

3. Pantai Pasir Tiga Warna

Pantai Pasir Tiga Warna Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)
Pantai Pasir Tiga Warna Alor, NTT (instagram.com/@alorisland)

Pantai Pasir Tiga Warna merupakan salah satu tempat wisata (rekreasi) yang indah dan unik. Pantai ini terletak di Dusun Puntaru, Desa Tude, Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor. Pantai Pasir Tiga Warna memiliki tiga warna sekaligus. Sekilas pasir pantai ini terlihat coklat kemerahan, namun ketika kita ambil dan perhatikan dengan seksama, pasirnya terdiri dari beberapa warna. Tiga warna dominan adalah coklat, kuning keemasan, dan hitam. Kita juga dapat melihat batuan berwarna merah kecoklatan di Pantai Pasir Tiga Warna dan Air Terjun Belerang yang bermuara langsung di Pantai Pasir Tiga Warna.

Di Pantai Pasir Tiga Warna ini tidak hanya pasirnya saja yg dapat menarik disana. Hal menarik lainnya adalah warna air laut di Pantai Pasir Tiga Warma juga berbeda dengan pantai kebanyakan. Warnanya bergradasi hijau, kuning, dan coklat, kadang kala merah tua sehingga terlihat sangat cantik. Apalagi bentuk pantainya juga melengkung indah dengan Gunung Delaki dan Gunung Sirung berdiri menjulang sebagai perpaduan latar belakang yg sempurna. Kita juga bisa dapat melihat sunset langsung dari Pantai Pasir Tiga Warna.

4. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih, Alor (instagram.com/@alorisland)
Pantai Batu Putih, Alor (instagram.com/@alorisland)

Pantai Batu Putih merupakan salah satu pantai kebanggaan warga Alor. Tak heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik di hari libur maupun hari biasa. Pantai Batu Putih dikelilingi oleh tebing batu yang berwarna putih. Dari situ pula asal nama Pantai Batu Putih yang kini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pinggir-pinggir tebingnya, bisa dijadikan tempat berteduh dari teriknya matahari. 

Beragam kegiatan yang bisa dilakukan pantai ini antara lain berenang, berkeliling laut dengan menyewa perahu warga, hingga snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya yang terkenal. Pantai Batu Putih terletak di Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus melewati perjalanan sepanjang 30 kilometer dari Kota Kalabahi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa menempuh waktu selama 30 menit.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata pantai di Kabupaten Alor yang dapat kamu jadikan destinasi liburan bersama keluarga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berkunjung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak