Scroll untuk membaca artikel
Hernawan | A Saeful Ahmad
Ilustrasi keluarga muslim sedang berkumpul (Pexels/Monstera)

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setelah menjalani bulan suci Ramadan yang penuh dengan ibadah, Lebaran menjadi saat yang dinanti-nanti untuk berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi, dan merayakan kemenangan setelah menjalani puasa. Di banyak negara, salah satu tradisi yang telah berkembang adalah memakai baju baru atau dikenal sebagai baju lebaran pada hari yang spesial ini.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, fenomena baju lebaran telah menjadi kontroversial. Banyak yang mengkritik praktik membeli baju baru setiap tahun sebagai sesuatu yang hanya memanjakan ego dan keinginan konsumtif, daripada benar-benar menjaga tradisi atau nilai-nilai sebenarnya dari perayaan Lebaran.

Sebagian berpendapat bahwa fenomena ini telah menjadi simbol materialisme dan konsumerisme yang merusak makna sejati dari Lebaran sebagai momen kebersamaan, keikhlasan, dan introspeksi.

BACA JUGA: Jangan Cuek, Harta Anda Punya Fungsi Sosial lho Menurut Prof Quraish Shihab

Salah satu argumen yang muncul adalah bahwa baju lebaran menjadi lebih seperti status simbol atau cara untuk "berlomba-lomba" dengan tetangga atau teman, daripada menjadi bagian dari tradisi yang seharusnya mengedepankan nilai-nilai keagamaan.

Beberapa orang merasa terpaksa untuk membeli baju baru setiap tahun agar dianggap "up to date" atau modern di mata orang lain, atau untuk menunjukkan kemampuan finansial mereka. Fenomena ini dapat menciptakan tekanan sosial bagi mereka yang tidak mampu atau tidak ingin mengikuti tren konsumsi ini.

Namun, di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa membeli baju baru untuk Lebaran adalah cara untuk menjaga tradisi dan merayakan momen spesial dengan tampil maksimal. Baju lebaran dianggap sebagai bagian dari identitas muslim, dan memakainya di hari yang istimewa adalah cara untuk menghormati nilai-nilai agama dan budaya yang dianut.

Selain itu, membeli baju baru untuk Lebaran juga dapat menjadi cara untuk mendukung industri lokal dan ekonomi, terutama bagi para pengrajin atau penjual baju lokal yang mengandalkan penjualan baju Lebaran sebagai sumber pendapatan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa Lebaran sebenarnya tidak melulu tentang memiliki baju baru. Lebaran adalah saat untuk merayakan kemenangan setelah menjalani bulan puasa, merayakan kebersamaan dengan keluarga dan teman, serta merenungkan nilai-nilai keagamaan seperti pengampunan, kebaikan, dan toleransi.

Tradisi baju lebaran sendiri seharusnya tidak menjadi fokus utama dalam merayakan Lebaran, melainkan menjadi salah satu aspek yang melengkapi momen tersebut.

Dalam menghadapi kontroversi di balik baju lebaran, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menjaga keseimbangan antara menjaga tradisi dan menghindari konsumerisme yang berlebihan. Pertama, kita dapat memilih untuk menggunakan baju yang sudah ada atau meminjam dari teman atau keluarga sebagai alternatif membeli baju baru setiap tahun. Kita juga bisa memilih baju yang ramah lingkungan atau berfokus pada baju lokal yang mendukung pengrajin lokal dan ekonomi.

Selain itu, kita bisa memindahkan fokus dari baju baru kepada nilai-nilai sejati dari perayaan Lebaran, seperti menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, melakukan amal dan bersedekah kepada yang membutuhkan, serta merenungkan makna puasa dan meningkatkan spiritualitas. Kita dapat mengenali bahwa kebahagiaan dan kebermaknaan Lebaran tidak terletak pada baju yang kita kenakan, melainkan pada pengalaman, hubungan, dan introspeksi pribadi.

Dalam kesimpulannya, kontroversi di balik baju lebaran mencerminkan perdebatan antara menjaga tradisi dan memanjakan ego dalam konteks perayaan keagamaan. Sementara baju lebaran telah menjadi tradisi dalam banyak budaya muslim, konsumerisme yang berlebihan dan materialisme dapat merusak nilai-nilai sejati dari Lebaran.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga keseimbangan antara menjaga tradisi dan menghindari konsumerisme yang berlebihan, serta mengenali bahwa Lebaran sebenarnya tidak melulu tentang memiliki baju baru, melainkan tentang makna keagamaan, kebersamaan, dan introspeksi pribadi.

A Saeful Ahmad