Xandra Junia Indriasti
Xandra Junia Indriasti
Ilustrasi Introvert (freepik)

Introvert adalah salah satu kepribadian seseorang yang tertutup atau sulit membagikan ceritanya kepada orang lain. Ia juga lebih suka menyendiri dan lima hal di bawah ini disebut sebagai masalah yang sering dihadapinya.

1. Sering dianggap jutek

Seorang introvert sering dianggap jutek karena jarang mau membaur dengan sebuah kelompok. Ia lebih senang melakukan segala hal sendiri, karena itulah letak kenyamanannya. Padahal, ia adalah sosok yang ramah dan asik. Biasanya bisa ditemukan saat sudah dikenali lebih dekat.

2. Merasa lelah usai bersosialisasi terlalu lama

Dikarenakan terbiasa menyendiri, seseorang yang introvert akan merasa sangat lelah usai bersosialisasi terlalu lama. Ia memang termasuk sosok yang bisa bertemu banyak orang, namun energinya dapat terkuras lebih cepat.

Tidak heran jika para introvert lebih senang menyendiri guna menghindari rasa lelah tersebut. Maka, jangan menganggapnya anti sosial, karena pada kenyataannya mereka hanya kurang senang berada di kerumunan.

3. Panik saat ada panggilan telepon

Para introvert tidak jarang merasa panik dan mulai berkeringat dingin saat ada panggilan telepon, terlebih yang menghubunginya secara mendadak. Ia akan lebih sering mendiamkannya hingga berhenti.

Kemudian, ia akan mengirim pesan bahwa sedang melakukan aktivitas yang membuatnya tidak bisa mengangkat panggilan tersebut. Intinya, introvert lebih senang berkomunikasi dengan teks ketimbang berbicara melalui telepon.

4. Cemas dengan tamu yang menginap

Introvert terbiasa sendiri atau tinggal bersama keluarga inti. Namun, jika mendadak ada tamu yang menginap di rumahnya, ia langsung merasa cemas dan tidak tenang. Sikap ini juga berlaku pada kedatangan saudara, teman, serta kerabat dekat lain.

Ia yang kurang senang kebisingan akan memilih berdiam diri di kamar. Introvert juga enggan membaur untuk makan bersama dan hanya berbicara seperlunya dengan sang tamu. Tepatnya saat ada pertanyaan saja.

Perilaku tersebut memang tampak kurang sopan, tapi memisahkan diri seperti itu nyatanya dapat membuat para introvert merasa lebih nyaman dan tidak tertekan. Namun, keputusannya ini seringkali membuatnya kepikiran.

5. Bingung saat diajak pergi

Seorang introvert juga sering merasa panik dan bingung saat diajak pergi oleh kerabat dekatnya. Terlebih jika diperkirakan akan bertemu banyak orang baru yang belum dikenalnya, misal rekan dari anggota keluarga, teman atau pasangan. 

Ia pasti terus-terusan memikirkan hal tersebut hingga sulit berkonsentrasi melakukan aktivitas lain. Introvert seringkali bingung perihal sikap serta topik pembicaraan saat bertemu orang-orang itu. Nah, jika merasa tidak yakin mampu, ia akan membatalkan kedatangannya.

Itulah lima masalah yang sering dihadapi para introvert. Apakah kamu pemilik kepribadian tersebut juga pernah atau bahkan sering merasakannya?

Komentar