facebook

Sinopsis Film China My Love, Perjuangan Cinta Pertama Selama 15 Tahun

Lintang Larissya
Sinopsis Film China My Love, Perjuangan Cinta Pertama Selama 15 Tahun
Film China My Love (Zhihu)

Apakah kamu pencinta film dengan genre melodrama? My Love merupakan film China yang mengudara sejak April 2021. Film yang diperankan oleh Greg Hsu dan Zhang Rounan ini merupakan adaptasi dari film asal Korea Selatan ‘On Your Wedding Day’ yang dibintangi Park Bo Young serta Kim Young Kwang. 

Meskipun memiliki jalan cerita sama, tetapi setiap versi memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Bagi kamu yang sudah menonton ‘On Your Wedding Day’, tidak ada salahnya untuk ikut menikmati versi Chinanya.

Digarap oleh sutradara dari film ‘Only the Wind Knows’, Van Han yang bekerja sama dengan penulis naskah Liu Jun, film ini berdurasi 1 jam 55 menit. 

Sinopsis film China ‘My Love’

Pada tahun 2006, Zhou Xiao Qi (Greg Hsu) adalah murid yang nakal dan hobi berkelahi di masa sekolah menengah, ia adalah salah satu bagian dari tim renang sekolah. Xiao Qi memiliki mimpi untuk menjadi perenang nomor 1.

You Yong Ci (Zhang Ruo Nan) adalah anak pindahan baru di sekolah Xiao Qi. Murid baru tersebut memiliki nilai yang bagus tapi ia memiliki sifat dingin hingga tidak ada yang mau berteman dengannya.

Xiao Qi jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Yong Ci, ia bertekad untuk mendekatinya. Namun, ternyata Xiao Qi harus berkompetisi dengan perenang nomor satu di sekolahnya yang juga menaruh hati pada Yong Ci, Sha Yu (Liu Xun).

Agar tidak diganggu terus menerus oleh Sha Yu, Xiao Qi dan Yong Ci sepakat untuk berpura-pura pacaran. TNamun, hal itu tidak menghentikan Sha Yu. Kemudian si juara utama mengajak Xiao Qi untuk bertaruh dengan tanding renang dengan taruhan bila Xiao Qi menang, Sha Yu harus berhenti menganggu Yong Ci. 

Tidak ingin kalah dan mengecewakan Yong Ci, Xiao Qi mati-matian latihan dengan keras untuk memenangkan pertandingan. Sejak saat itulah Xiao Qi dan Yong Ci jadi lebih dekat. 

Hari pertandingan pun akhirnya tiba. Meskipun kalah dari Sha Yu, Xiao Qi berhasil memecahkan rekor untuk pertama kalinya sebagai perenang.

Suatu hari, secara tiba-tiba Yong Ci menghilang, tidak masuk sekolah ataupun menghubungi Xiao Qi. Ini membuat lelaki itu khawatir. Akhirnya Xiao Qi memutuskan untuk mendatangi rumah Yong Ci, tapi ia menemukan bahwa ayah Yong Ci yang pemabuk berat datang menghampiri ibu dan dirinya. Rumah Yong Ci saat itu kacau, Yong Ci malu ketika melihat Xiao Qi melihat diri dan keluarganya yang berantakan. Rupanya Yong Ci dan ibunya berpindah-pindah untuk menghindari ayahnya yang seorang pemabuk berat. Sejak saat itu, kisah cinta remaja usia 17 tahun seakan dimulai tanpa sebab dan berakhir tanpa alasan.

Dua tahun kemudian berlalu, Xiao Qi sudah lulus SMA, ia memutuskan untuk tidak ikut ujian kuliah dan memilih untuk menjaga warnet. Suatu ketika, ia melihat sosok Yong Ci yang menjadi seorang mahasiswi di sebuah kampus. Sejak saat itu lah Xiao Qi belajar kembali untuk mengambil tes kuliah dan menemui Yong Ci.

Setelah berhasil diterima di kampus yang sama dengan Yong Ci, Xiao Qi bergegas mencari cinta pertamanya itu tapi sayang ternyata Yong Ci sudah memiliki kekasih. Meskipun begitu, Xiao Qi tidak menyerah, ia terus mengejar Yong Ci sampai harus masuk ke departemen perempuan dan mengikuti cheerleader untuk dekat dengan Yong Ci. 

Suatu hari, Xiao Qi tidak sengaja mendengar percakapan kekasih Yong Ci yang sedang berselingkuh, ia ingin memberi tahu Yong Ci tapi perempuan itu tidak percaya. Setelah berhasil membutikan bahwa kekasihnya bukan lelaki yang baik, hubungan Xiao Qi dan Yong Ci kembali merenggang. Bahkan, mereka tidak bertemu lagi selama bertahun-tahun. 

Pada tahun 2015, Xiao Qi berhasil menggapai mimpinya untuk menjadi perenang utama, ia juga sudah memiliki pacar yang cantik dan baik hati. Namun, Yong Ci kembali hadir ke hidupnya sekali lagi. Tidak ingin terulang kembali, Xiao Qi tidak ingin kehilangan Yong Ci untuk yang kesekian kalinya. Bahkan Xiao Qi rela untuk keluar dari kompetisi terpenting dalam hidupnya untuk mendatangi Yong Ci. Yong Ci merasakan hal yang sama, akhirnya setelah perjuangan selama bertahun-tahun, Yong Ci dan Xiao Qi bersatu dan menjalani hubungan dengan bahagia.

Karena sebuah kecelakaan membuat Xiao Qi mengalami cidera serius sehingga tidak bisa menjadi atlet profesional lagi. Xiao Qi takut akan kenyataan yang menimpanya. 

Yong Ci yang melihat kekasihnya gelisah, mengajaknya menikah, tapi sang kekasih menolak karena dia masih tidak punya uang dan pekerjaan. Ia a takut tidak akan bisa memberikan pernikahan yang layak untuk Yong Ci.

Ketika bercerita dengan temannya, Xiao Qi mengatakan bahwa ia menyesal bertemu dengan Young Ci lagi. Apa yang terjadi jika Yong Ci tidak muncuk di hadapannya kala itu? Apakah semua akan berjalan sesuai dengan mimpinya? Apakah ia tidak akan menjalani hidup yang menyedihkan? Apakah tidak akan ada luka?

Semua pertanyaan itu terdengar oleh Yong Ci membuatnya sangat terpukul dengan perkataan orang yang paling ia percayai seumur hidupnya. Ia takut akan terulang kembali kejadian keluarganya ketika sang ayah terus menerus menyalahkan ibu dan dirinya.

Pada umur 28 tahun, Xiao Qi harus melepaskan wanita yang paling dicintainya karena kalimat bodoh yang ia lontarkan. Hidupnya serasa kembali ke titik nol. Yong Ci menetapkan untuk belajar ke Milan meninggalkan Xiao Qi yang berjuang untuk mendapatkan sertifikasi sebagai guru olah raga renang.

Sampai suatu saat sebuah amplop dengan hiasan bunga dikirim ke meja Xiao Qi. Amplop itu adalah undangan pernikahan Yong Ci. Meskipun pada awalnya Xiao Qi menolak untuk datang, tapi ia menyadari ada kalimat yang belum sempat ia ucapkan saat Yong Ci masih berada di sisinya. 

Mengakui segala kebodohan yang telah ia lakukan pada Yong Ci di masa lampau, Xiao Qi akhirnya berhasil mengatakan kalimat yang terpendam di hatinya selama ini bahwa bertemu dengan Yong Ci adalah suatu kebanggaan yang membuat bocah nakal itu berubah menjadi lebih dewasa. Pada saat itulah cinta 15 tahun Xiao Qi dan Yong Ci berakhir. 

Cinta Xiao Qi dan Yong Ci membuktikan cerita cinta orang yang tepat tapi hadir di waktu yang salah. Meskipun begitu mereka berdua berhasil menyelesaikan perasaan mereka masing-masing karena mereka tahu kalau hubungan itu dilanjutkan akan menjadi luka bagi keduanya. 

Film China ‘My Love’ dapat disaksikan melalui platform streaming iQiyi. Tertarik menonton?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak