facebook

5 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Studio Ghibli, Bikin Gagal Move On

Lintang Larissya
5 Rekomendasi Film Animasi Terbaik Studio Ghibli, Bikin Gagal Move On
Cuplikan adegan film animasi 'When Marnie Was There' (IMDb)

Studio Ghibli merupakan studio film animasi asal Tokyo, Jepang. Film-film animenya mengandung unsur-unsur provokatif, imajinatif, emosional, dan telah mendapatkan pujian dari seluruh penjuru dunia.

Apabila kamu salah satu penyuka anime pasti tidak asing dengan studio ini. Pertama kali dibangun pada 1985, studio yang berbasis di Koganei ini telah memproduksi puluhan anime yang berkualitas dan legendaris sampai membuat para penggemarnya susah move-on.

Tidak hanya menampilkan cerita orisinil dan seru, animasi buatan Studio Ghibli juga mementingkan sinematografi apik.

Saat ini tercatat 27 film yang diproduksi oleh Studio Ghibli. Berikut kami rekomendasikan lima film animasi terbaik Studio Ghibli.

1. Grave of the Fireflies (1988)

Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Grave of the Fireflies'. (IMDb)
Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Grave of the Fireflies'. (IMDb)

Karya paling favorit dari Studio Ghibli bisa jadi diraih oleh judul animasi satu ini.  Diadaptasi dari buku semi-autobiografi karya Akiyuki Nosaka yang kemudian ditulis dan digarap oleh sutradara Isao Takahata.

Berlatar di Perang Dunia Kedua, mengisahkan dua bersaudara, Seita dan Setsuko yang bertahan hidup setelah peristiwa pengeboman di Kota Kobe. 

Grave of the Fireflies ini disebut menjadi salah satu film tersedih yang pernah diproduksi oleh Studio Ghibli. Bagi kamu yang akan menonton film ini, harus siap-siap sediakan tisu ya!

2. Howl’s Moving Castle (2004)

Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Howl’s Moving Castle'. (IMDb)
Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Howl’s Moving Castle'. (IMDb)

Sophie yang masih remaja bekerja di toko topi milik mendiang ayahnya di sebuah kota kecil. Suatu hari ia kedatangan tamu yang tak diundang, ternyata tamu tersebut adalah seorang penyihir. Karena perlakuan Sophie yang tidak sopan, gadis itu dikutuk menjadi tua renta. Hal-hal menarik pun terjadi ketika ia mulai keluar dari kampung halamannya.

Digarap oleh Hayao Mizaki, film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones.

‘Howl’s Moving Castle’ menerima omset sebesar US$190 juta di Jepang dan US$235 juta di seluruh dunia, menjadikannya film terlaris dalam sejarah perfilman Jepang.

3. Tales from Earthsea (2006)

Cuplikan adegan dari film animasi 'Tales from Earthsea'. (IMDb)
Cuplikan adegan dari film animasi 'Tales from Earthsea'. (IMDb)

‘Tales from Earthsea’ atau juga memiliki judul Jepang ‘Gedo Senki’ adalah anime fantasi yang disutradarai oleh Goro Miyazaki. Film ini diangkat dari kombinasi alur cerita dan karakter yang tertulis dalam empat buku pertama karya Ursula K. Le Guin berjudul Earthsea series: A Wizard of Earthsea, The Tombs of Atuan, The Farthest Shore, dan Tehanu.

Mengikuti kisah Ged, seorang penyihir kuat dan seorang pangeran muda bernama Arren menyelidiki semua kejadian aneh dan tak terduga di sekitar mereka ketika sesuatu yang aneh datang ke kerajaan.

4. Spirited Away (2001)

Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Spirited Away'. (IMDb)
Poster Film Animasi Studio Ghibli 'Spirited Away'. (IMDb)

Animasi yang berhasil meraih Oscar untuk kategori Best Animated Feature pada 2003 silam ini mengisahkan seorang gadis kecil bernama Chihiro Ogino. Ia tidak sengaja mendatangi sebuah taman bermain yang dihuni oleh makhluk supernatural bersama kedua orang tuanya. Karena tidak berhati-hati, orang tua Chihiro diubah menjadi babi oleh penyihir bernama Yubaba. 

Chihiro dibantu oleh Haku untuk menyelamatkan orang tuanya dari sihir Yubaba dan berharap bisa kembali ke dunia nyata. Film animasi bergenre fantasi ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki.

5. When Marnie Was There (2014)

Poster Film Animasi Studio Ghibli 'When Marnie Was There'. (IMDb)
Poster Film Animasi Studio Ghibli 'When Marnie Was There'. (IMDb)

‘When Marnie Was There’ merupkan animasi bertema misteri yang ditulis dan disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi. Film ini diangkat melalui novel berjudul sama karya Joan G. Robinson.

Anna, seorang anak yang pendiam merupakan anak angkat dari pasangan yang sudah tua. Suatu hari, Anna terserang asma membuat kedua orang tuanya mengirimnya untuk menghabiskan musim panas di pedesaan sekaligus berlibur. Suatu hari ia bertemu dengan Marnie dan berteman dekat dengannya. Namun, latar belakang sahabat barunya tersebut penuh dengan teka-teki yang perlu dipecahkan. 

Apakah kamu sudah pernah melihat lima film animasi terbaik Studio Ghibli di atas? Mana yang jadi favoritmu nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak