facebook

A Business Proposal Episode 12: Pasangan Ha Tae dan Young Hoon Happy Ending

Lintang Larissya
A Business Proposal Episode 12: Pasangan Ha Tae dan Young Hoon Happy Ending
Cuplikan drama Korea episode 12 'A Business Proposal' (Instagram/sbsdrama.official)

Drama Korea 'A Business Proposal' berakhir dengan rating tinggi yang memuaskan. Berdasarkan Nielsen Korea, episode terakhir drama Korea ‘A Business Proposal’ yang mengisi slot drama SBS hari Senin-Selasa mencatat angka 11,4 persen berdasarkan rata-rata nasional.

Meskipun belum bisa melampaui rating pada episode sebelumnya yang mencetak 11,6 persen, tetapi drama  Koreayang mengakhiri penayangannya pada tanggal 5 April 2022 malam berhasil membuktikan kepopularitasannya di Korea Selatan dengan mencetak rating dua digit. 

Bagaimana kelanjutan ceritanya? Simak sinopsis lengkap episode terakhir ‘A Business Proposal’ berikut ini. 

Benar seperti apa yang dicurigai Young Seo, ada sesuatu di balik sikap ayahnya malam itu ketika ia secara langsung menyetujui hubungannya dengan Cha Sung Hoon. Ayahnya menelpon Sung Hoon dan menyuruhnya untuk mengakhiri hubungannya tanpa sepengetahuan Young Seo.

Ini membuat Young Seo sangat sedih, ia pikir ayahnya yang keras kepala akan berubah. Namun, ternyata ayahnya masih sama seperti ketika ayahnya "menyingkirkan" ibunya yang dianggap tidak kompeten masuk ke dalam keluarga. Young Seo juga mengambil langkah besar dengan mengundurkan diri dari posisinya di perusahan. Ia juga mengatakan bahwa dirinya sangat percaya diri untuk sukses tanpa bantuan ayahnya.

Young Seo menceritakan hal tersebut kepada kekasihnya. Ia mengaku berencana akan membangun perusahaan atas namanya sendiri, tapi sayangnya modalnya tidak begitu cukup. Sung Hoon mengambil tabungannya dan memberikannya kepada Young Seo. Ia ingin menjadi investor pertama untuk perusahaan baru kekasihnya kelak.

Hubungan Kang Tae Mu dan Shin Ha Ri ketahuan oleh orang tua Shin Ha Ri. Mereka awalnya tidak setuju akan hubungan antara pimpinan perusahaan dan pegawainya tersebut. Orang tua Ha Ri mengkhawatirkan anak mereka, terutama tentang pandangan pegawai lainnya maupun dari keluarga Kang Tae Mu. Namun, Kang Tae Mu akan menjamin hal-hal yang orang tua Ha Ri pikirkan tidak akan terjadi kepada mereka. Pasalnya, perasaannya yang tulus kepada Ha Ri maka ia akan melindungi kekasihnya itu apapun yang terjadi. 

Sementara itu, sejak kejadian yang menggemparkan antara Ha Ri dan Min Woo, keduanya akhirnya bertemu. Min Woo memutuskan untuk berhenti dari restorannya dan pergi ke Eropa. Ia juga menyampaikan permintaan maaf Yoora untuk Ha Ri. Yoora tidak sanggup menemui Ha Ri secara langsung. Min Woo mengaku hubungannya dengan Yoo Ra juga sudah putus, semakin mereka melanjutkan hubungan akan semakin sulit ke depannya. 

Min Woo juga bertanya-tanya apakah masih bisa berteman seperi biasanya dengan Ha Ri terlepas dari segala kejadian yang menimpa mereka kala itu. Ha Ri menyetujui ajakan Min Woo. Namun, ia berharap agar Min Woo dapat menunggu waktu yang tepat sampai Ha Ri kembali siap untuk kembali berteman baik dengannya. 

Demi membuat Tae Mu dan Ha Ri putus, Presdir Kang bersandiwara tentang kesehatannya yang menurun dan saat ini sedang terbaring di rumah sakit. Namun, Kang Tae Mu langsung mengetahui bahwa itu hanya alibi kakeknya saja. Mengetahui hal itu juga Ha Ri mengusulkan ingin menjaga Presdir Kang dengan harapan perasaannya akan melunak jika menghabiskan waktu bersama. 

Ternyata kesehatan Presdir Kang tidak hanya sandiwara belaka, ada masalah pada belat ring yang masuk ke pembuluh darah di jantungnya. Sementara di Korea tidak ada pengobatan yang bisa mengatasinya, ia harus dibawa ke Amerika agar dapat sembuh. 

Hal inilah yang membuat hubungan Kang Tae Mu dan Shin Ha Ri harus melalui cobaan dari jarak. Sementara Kang Tae Mu menemani sang kakek untuk berobat sambil mengembangkan perusahaan di New York, Shin Ha Ri masih di Korea dan bekerja sekuat tenaga seperti biasanya. 

Bagi pejuang LDR tentunya tidak mudah, selain karena sulit untuk mencocokkan waktu, hubungan Tae Mu dan Ha Ri juga diuji dengan skandal yang melibatkan presdir Kang Tae Mu dengan cellis Baek Yun Seo. 

Karena khawatir kekasihnya tidak dapat dihubungi terus-terusan, Shin Ha Ri memutuskan untuk pergi ke Amerika Serikat dan menemui Kang Tae Mu. Tapi sebelum keberangkatannya ia bertemu Kang Tae Mu yang ternyata sudah sampai di Korea untuk menemuinya. 

Kang Tae Mu tetaplah kekasih yang menjadi idaman semua orang sebab ia selalu bertindak daripada hanya ucapan semata. Ia tidak ingin membuang-buang waktu lagi, Kang Tae Mu langsung melamar Ha Ri agar dapat bisa hidup bersama dengannya selamanya.

Episode terakhir ini memperlihatkan dua pasang main lead drama Korea yang berakhir dengan bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak