facebook

Sepekan Penayangan, The Roundup Catatkan Rekor Positif di Korea Selatan

M. Fuad S. T.
Sepekan Penayangan, The Roundup Catatkan Rekor Positif di Korea Selatan
Sinopsis The Roundup (Instagram/@donlee)

Film terbaru Ma Dong Seok, The Roundup benar-benar menjadi raja dalam dunia perfilman Korea Selatan dalam sepekan terakhir. Pasca dirilis pada tanggal 18 Mei 2022 lalu, film yang bergenre action detective tersebut telah mengukir pencapaian manis dalam penjualan tiket dan juga penerimaan penonton. Disadur dari laman koreanfilm, film yang berkisah tentang petualangan Detektif Ma dalam mengatasi berbagai masalah sosial kemasyarakatan di wilayahnya bertugas tersebut telah menuai lebih dari 4,5 juta tiket hanya dalam hitungan hari saja.

Disadur dari laman yang sama, film The Roundup mencatatkan penonton sebanyak satu juta pasang mata dalam dua hari penayangan, kemudian empat juta pasang mata dalam tempo empat hari, dan tiga juta penonton hanya dalam 6 hari perilisan. Terbaru, dalam penutupan tanggal 25 Mei 2022, film ini telah mendapatkan penonton dengan jumlah 4.513.334 pasang mata, dan ditayangkan di 2.498 layar serta meraup lebih dari 36 juta dollar. Pencapaian positif film The Roundup ini secara nyata telah melewati pencapaian film “Ashfall” yang dicatatkan pada tahun 2019 lalu, sekaligus menandai kembalinya dunia perfilman Korea Selatan pasca hantaman Covid-19.

Bahkan, dalam pernyataan yang dituliskan oleh Dewan Perfilman Korea Selatan, film The Roundup bisa saja menjadi pesaing terkuat film Parasite, yang mampu mencapai jumlah penonton sebanyak 10 juta pasang mata pada tahun 2019 lalu, dan belum pernah dicapai oleh film manapun sesudahnya. Dan jika hal tersebut terealisasi, maka film The Roundup ini akan menjadi film ketiga Ma Dong Seok yang mampu menembus 10 juta penonton setelah film Train to Busan pada tahun 2016, dan film Along with the Gods: The Last 49 Days yang dirilis pada tahun 2018. Namun, perlu digarisbawahi, di kedua film tersebut, Ma Dong Seok hanya bermain sebagai pemeran pendukung, dan bukan sebagai pemeran utama.

Terlepas dari itu semua, film The Roundup memang layak untuk menjadi salah satu film yang dinantikan oleh para pecinta film Korea Selatan. Pasalnya, film yang merupakan sekuel lanjutan dari The Outlaws yang rilis ke pasaran pada tahun 2017 ini memberikan penceritaan yang ringan dan unik. Meskipun dibalut dengan berbagai adegan kekerasan, namun film ini sendiri terasa ringan karena menampilkan berbagai adegan kocak dari Detektif Ma dan para anak buahnya dalam menyelesaikan kasus yang dihadapinya. Semoga segera masuk ke Indonesia ya film ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak