facebook

K-Popers Sudah Tahu Belum? Ini Dia 6 Peran Anggota dalam Grup K-Pop

Dini Hariyani
K-Popers Sudah Tahu Belum? Ini Dia 6 Peran Anggota dalam Grup K-Pop
Kyuhyun Super Junior dan Ryeowook Super Junior. (Instagram/@gyuram88)

Setiap grup idola K-pop pastinya memiliki beberapa anggota dengan perannya yang berbeda-beda. Tujuannya untuk berpartisipasi dalam grup mereka sehingga tujuan bersama dapat tercapai. Namun, bagi para K-Popers sudah tahu belum peran tiap anggota dalam sebuah grup?

Melansir dari laman 99dayskorean berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pemimpin

Bagi penggemar grup K-Pop pastinya sudah tidak asing dengan peran pemimpin. Peran ini sering disebut juga dengan Leader yang biasanya diberikan kepada anggota paling tua atau yang paling lama dilatih. Dapat dilihat misalnya Leeteuk sebagai leader dari grup Super Junior.

2. Vokalis

Sebagai idola K-pop pastinya ada vokalis di dalamnya. Dalam sebuah grup pasti ada vokalis utama, bisa satu atau lebih. Mereka biasanya mendapatkan lirik paling banyak untuk dinyanyikan di setiap lagu. Ada juga lead dan sub-vocalist seperti misalnya Chen dari grup EXO.

3. Rapper

Banyak grup idola Korea juga memiliki rapper. Jika rapper lebih dari satu, maka posisinya menjadi main, lead, dan sub–rapper. Dapat dilihat pada mantan anggota BEAST yang sekarang dikenal sebagai Highlight, Junhyung.

4. Dancer

Idola K-pop juga terkenal akan tarian atau dancenya. Dalam sebuah grup biasanya ada satu penari utama dimana mereka akan bernyanyi sedikit lebih tetapi berada di depan dan tengah pada saat tampil. Misalnya J-Hope dari grup BTS.

5. Visual

Sebuah grup juga memiliki anggota visual yang ditunjuk. Visual atau wajah ini dianggap paling menarik dan bisa juga karena paling populer. Dari grup Blackpink misalnya ada Jisoo sebagai visualnya.

6. Maknae

Terakhir, setiap grup memiliki anggota termuda yang disebut maknae. Maknae tidak memegang posisi khusus tetapi mereka mungkin sangat disayangi selama penampilan. Beberapa maknae dicap sebagai visual maknae jika mereka juga menarik. Salah satu maknae paling terkenal di K-pop adalah Jungkook BTS, "golden maknae", karena ia menunjukkan banyak bakat, terutama dalam menari dan menyanyi.

Itulah 6 peran masing-masing anggota dalam sebuah grup idola K-pop. Idola kamu punya peran apa nih dalam grupnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak