alexametrics

Selain Berat Badan Naik, Ini 3 Bahaya Jika Makan Kue Kering Berlebihan

Made Dinda Y S
Selain Berat Badan Naik, Ini 3 Bahaya Jika Makan Kue Kering Berlebihan
Ilustrasi kue kering. (Freepik.com)

Hati-hati! Satu keping kue kering mengandung kalori dan gula yang sangat tinggi.

Suara.com - Mungkin kamu menganggap makan kue kering secara berlebihan adalah hal yang sepele, sebab kue kering memiliki ukuran yang cukup kecil dan tidak akan dengan mudah membuat berat badan naik.

Namun, tahukah kamu bahwa satu buah kue kering bisa mengandung hingga 80 kalori? Coba bayangkan jika dalam sekali makan kamu bisa menghabiskan 10 kue kering? Artinya kamu sudah mengonsumsi 800 kalori hanya untuk 10 keping kue kering saja!

Tidak hanya itu, gula dari adonan maupun taburan gula juga membuat kue kering mengandung gula yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, kamu harus mengontrol konsumsi kue kering ya!

Ini adalah 3 bahaya yang akan mengintaimu jika kamu terus-menerus mengonsumsi kue kering nonstop:

1. Gula darah akan meningkat

Kue kering mengandung gula yang sangat tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan gulanya yang tinggi. Ini akan berdampak pada meningkatnya glukosa dalam tubuh.

Lonjakan glukosa ini nantinya bisa memicu kerusakan otak dan penyakit kronis lainnya. Ketika kamu mengonsumsi kue kering berlebihan, kamu pasti akan merasa lemas dan sulit untuk berpikir, kan?

Hal itu disebabkan oleh gula dalam kue kering yang meningkatkan kadar gula darah dalam tubuhmu. Terlebih lagi, gula memiliki sifat yang adiktif, itu hanya akan membuat kamu selalu ingin untuk memakannya. Wah, bahaya bukan?

2. Merusak kesehatan kulit

Makan kue kering berlebihan juga dapat memicu jerawat timbul di kulitmu. Selain itu, gula dalam kue kering dapat mengurangi kolagen dan elastisitas yang ada di tubuhmu jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika kolagen dan elastisitas kulit menurun, kamu akan mengalami penuaan dini dan memunculkan keriput lebih awal. Tentunya, kamu ingin kulit yang mulus dan bercahaya saat lebaran, dong?

Jadi, kurangi konsumsi kue kering untuk kesehatan kulitmu ya!

3. Meningkatkan nafsu makan yang tidak sehat

Memiliki nafsu makan memang sangat baik, namun bagaimana jika nafsu makanmu cenderung tidak sehat? Kue kering biasanya mengandung serat yang rendah. Padahal, keberadaan serat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Sebanyak apapun kamu memakan kue kering, kamu akan sulit untuk merasa kenyang. Hal itu akan membuatmu memakan kue kering lagi dan lagi. Alhasil, tanpa disadari banyak gula dan lemak yang kamu tumpuk ke dalam perut. Itu hanya akan jadi sumber penyakit, bukan?

Nah, itu dia 3 bahaya yang mengintaimu jika kamu mengonsumsi kue kering secara berlebihan. Selain mengakibatkan kenaikan berat badan secara tidak sehat, gula dalam kue kering hanya akan membuatmu memupuk bibit-bibit penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kolestrol tinggi.

Tetap jaga kesehatan ya!