alexametrics

Jangan Bikin Rusak Mesin Cucimu dengan Mencuci 3 Jenis Barang Ini!

Made Dinda Y S
Jangan Bikin Rusak Mesin Cucimu dengan Mencuci 3 Jenis Barang Ini!
Ilustrasi mesin cuci. (Pexels.com)

Mesin cuci memang memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, terutama mencuci. Terlebih lagi, mencuci adalah kegiatan menyebalkan bagi sebagian orang jika dilakukan secara manual.

Kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan mesin cuci terkadang membuat kamu memasukan segala jenis pakaian bahkan barang lain ke dalamnya.

Namun, hal itu tentunya tidak baik bagi baju ataupun mesin cuci. Sebab, ada beberapa jenis pakaian dan barang yang harus dicuci secara manual dan tidak disarankan pencucian menggunakan mesin cuci.

Nah, apa saja 3 jenis barang tersebut? Simak selengkapnya di artikel berikut yuk!

1. Baju renang

Mencuci baju renang terutama setelah memakainya adalah hal yang melelahkan karena air dalam baju renang membuat baju terasa basah, berat, dan lembab. Sebagian dari kamu mungkin pernah memasukan baju renang ke dalam mesin cuci.

Namun, tindakan tersebut hanya akan memperpendek umur penggunaan baju renang. Hal ini disebabkan karena putaran dan gerakan mesin cuci dapat merusak material di dalam baju renang.

Tidak hanya itu, mencuci baju renang menggunakan mesin cuci dapat menyebabkan pengait baju renang menjadi berlubang atau sobek. Kamu tidak ingin kan baju renang kesayanganmu rusak? Jadi, cuci baju renang dengan cara manual atau menggunakan tangan ya!

2. Bantal dan guling dengan isian padat

Tidak hanya baju renang, mencuci bantal atau guling juga menguras lebih banyak tenaga. Namun, jangan sesekali mencuci bantal dan guling dengan isian padat ke dalam mesin cuci. Hal ini hanya akan membuat mesin cucimu rusak.

Selain itu, gerakan yang cukup keras dari mesin cuci juga dapat membuat busa padat di dalam bantal atau guling menjadi berubah teksturnya.

3. Pakaian yang tersangkut bulu hewan peliharaan

Perhatikan ini jika kamu memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing yang memiliki bulu berserakan. Saat memasukan bajumu ke dalam mesin cuci, kamu harus memastikan bahwa tidak ada bulu hewan yang masuk ke pakaianmu.

Bulu hewan peliharaan akan menyumbat saluran penyaringan dan juga saluran pembuangan mesin cuci. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan roll khusus untuk membersihkan bulu hewan di pakaianmu sebelum memasukannya ke dalam mesin cuci.

Nah, itu dia 3 barang yang tidak dapat kamu masukkan ke dalam mesin cucimu. Gunakan cara manual untuk membersihkannya ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak