facebook

Konsumsi Secara Rutin, 5 Minuman Ini Bisa Menggantikan Obat

Dharmawati
Konsumsi Secara Rutin, 5 Minuman Ini Bisa Menggantikan Obat
Ilustrasi minuman teh (pexels/Mareefe)

Makanan dan minuman adalah bahan bakar yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika asupan makanan dan minuman tidak cukup masuk kedalam tubuh, hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan tubuh. Dan yang paling sering terjadi adalah kita mengalami sakit ringan sampai dengan berat, seperti batuk, pilek, flu, demam, darah tinggi, diabetes dan lainnya.

Berikut adalah 5 minuman yang bisa membantu kita dalam penyembuhan terhadap penyakit, diantaranya:

1. Madu

Madu telah dikenal sejak lama, madu dipercaya mengandung vitamin dan mineral yang digunakan untuk penyembuhan penyakit, diantaranya adalah sebagai antioksidan, untuk merawat kulit atau luka pada kulit. Karena madu tinggi akan flavonoid sehingga madu juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan, mencegah diabetes dan kanker serta hipertensi.

2. Air jahe

Jahe dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi jahe juga mempunyai manfaat sebagai penyembuh sakit, karena kandungan phenolic dalam jahe bisa mengatasi masalah pencernaan, mengurangi rasa mual, dan menghangatkan tubuh dikala flu dan pilek. Selain itu minum air  jahe secara rutin juga dapat mencegah penyakit kanker dalam tubuh

3. Air lemon

Lemon termasuk dalam jenis buahan citrus, air lemon banyak sekali bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, kandungan vitamin c yang tinggi menjaga kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri. Selain itu tingginya  antioksidan, zat besi, kalsium dalam air lemon dapat mencegah penyakit jantung, menjaga ginjal dan mencegah timbulnya tumor dan kanker.

4. Teh herbal

Saat ini banyak sekali dijual bermacam-macam teh herbal, konsumsi teh sudah menjadi gaya hidup dewasa ini, manfaat teh banyak sekali dirasakan dari kaum tua sampai kaum muda, diantaranya paling utama adalah kandungan antioksidan yang tinggi sebagai pencegahan kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh. Teh juga dapat membantu untuk penyembuhan bagi penderita insomnia.

5. Air kelapa

Kandungan air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin setiap hari, dan tingginya kalium dalam air kelapa bisa mengganti cairan yang keluar setelah berolah raga. Selain itu kandungan sitokini dalam air kelapa dapat  mencegah penuaan dini loh.

Itulah 5 minuman herbal yang dapat menjadi alternatif selain obat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak