alexametrics

5 Cara Ini Diyakini Bisa Menyembuhkan Insomnia, Tertarik Mencoba?

Dharmawati
5 Cara Ini Diyakini Bisa Menyembuhkan Insomnia, Tertarik Mencoba?
Ilustrasi tidur tidak berkualitas (freepik/Jcomp)

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur, insomnia sangat mengganggu kondisi untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Insomnia bisa terjadi karena stress berkepanjangan, gangguan kesehatan, pola hidup tidak sehat, terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Cara ini diyakini bisa menyembuhkan insomnia, yaitu:

1. Menjaga pola makan yang baik

Perhatikan setiap makanan yang masuk ke tubuh, makanan sehat kaya akan serat, protein dan vitamin lebih diutamakan, juga perlu diingat untuk mengurangi makanan berlemak, dan rasa pedas. Dan hindari minuman berkafein dan mengandung alkohol sementara waktu.

2. Berolah raga teratur pagi atau sore hari.

Lakukan olah tubuh ini rutin setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh, bisa dilakukan di pagi hari atau di sore hari, cukup olah raga ringan dilakukan 30-45 menit, seperti jalan atau bersepeda santai. Dengan berolah raga ringan ini tubuh bisa lebih relaks pada saat beristirahat.

3. Melakukan meditasi rutin

Untuk mengendalikan pikiran,dan  membantu meringankan stress dan rasa khawatir berlebihan, bisa dicoba dengan bermeditasi rutin, lakukan meditasi pada waktu yang sama setiap harinya. Mengfokuskan pikiran pada satu hal dan merelakskan tubuh secara bersamaan.

4. Menggunakan obatan alami

Seperti menggunakan lavender essential oil untuk penguapan  ruang kamar pada saat tidur, lavender terbukti membantu relaksasi tubuh dan membuat tidur lebih dalam. Atau mimun secangkir teh herbal atau secangkir susu hangat sebelum tidur juga membantu tubuh untuk lebih santai.

5. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat atau merendam kaki dengan air hangat dapat juga membantu tidur  lebih nyenyak.  Air hangat diyakini bisa memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh, lakukan hal ini  pada malam hari sebagai kebiasaan.

Itulah 5 cara yang diyakini bisa membantu menyembuhkan insomnia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak