alexametrics

10 Tips Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan

Rahmat
10 Tips Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat-obatan
wanita yang kesulitan tidur (Pexels.com)

Buat kebanyakan orang pasti sering mengalami yang namanya susah tidur atau biasanya disebut insomnia. Terkadang orang yang mengalami insomnia ini juga tidak tau penyebab ia susah tidur, padalah posisi tubuh sudah nyaman di atas kasur namun mata tidak mau terpejam dan pikiran juga entah kemana.

Orang-orang yang insomnia ini biasanya baru bisa tidur ketika dini hari ataupun di siang keesokan harinya, itu pun terkadang kurang nyenyak. Nah, Efeknya seseorang yang mengalami insomnia ini akan merasa kurang bergairah dan konsentrasinya akan menurun.

Bagi yang belum pernah mengalami hal ini, pasti mengira bahwa penderita insomnia hanya mengada-ada. Padahal bagi orang yang mengalaminya, hal semacam ini sangat menyiksa diri mereka.

Makannya tak heran jika banyak dari penderita memilih langkah singkat dengan mengonsumsi obat-obatan yang justru memiliki efek tidak baik untuk tubuh mereka. Selain efek samping yang bermacam-macam, obat-obatan ini juga justru akan menimbulkan masalah baru bagi tubuh mereka.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi yang namnya susah tidur ini tanpa menggunakan obat-obatan, yang sebenarnya sangat sederhana dan mudah dilakukan. yuk kita simak berikut ini.

1. Menentukan waktu tidur secara teratur

Pertama yang mesti kamu lakukan adalah dengen mengatur maktu tidur dan bangun secara konsisten. Pola tidur yang berubah-ubah justru akan membuat tubuh kamu selalu dalam kendisi siaga. akibatnya, tubuh kamu akan selalu dalam keadaan tegang.

2. Tidak dianjurkan untuk tidur siang

Apabila kamu termasuk orang yang mengalami kesulitan tidur dimalam hari, maka sangat tidak dianjurkan untuk tidur siang. Tidur siang justru akan mengurangi porsi tidur dimalam hari, sehingga menyebabkan kamu kesulitan tidur.

3. Hindari penggunaan HP yang berlebihan

Jangan terlalu sering menggunakan peralatan elektronik superti ponsel ketika menjelang tidur. Penggunaan ponsel menjelang tidur menyebabkan pikiranmu akan terus tertuju ke ponsel dan lupa akan waktu tidur.

4. Berolahraga disore hari

Berolahraga ternyata dapat membantu mengatasi susah tidur. Dengan berolahrga disore hari dengan durasi yang cukup, dapat membuat dirimu merasa lelah sehingga dimalam hari sehingga kamu akan merasa kantuk dan tidur pun nyenyak.

4-5 jam Sebelum waktu tidur yang kamu tentukan harus sudah menyelesaikan olahraga. Hindari berolahraga diwaktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur karena justru dapat mengganngu tidur dimalam hari.

5. Makan makanan berkarbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbonhidrat dalam jumlah yang cukup  beberapa jam sebelum tidur, diyakini dapat membuat kita mengantuk lebih cepat. Hal ini disebabkan kadar hormon tryptophan yang meningkat membuat kamu lebih mudah mengantuk.

6. Hindari minuman tertentu ketika hendak tidur

Kamu harus menghindari minuman yang mengandung alkohol dan juga minuman esperto kopi, terutama di sore hari. Minuman yang mengandung kafein tinngi diyakini dapat menyebabkan susah tidur. Hal ini disebabkan kadar hormon tryptophan yang meningkat membuat kamu lebih mudah mengantuk.

7. Mematikan lampu kamar sebelum tidur

Meskipun terdengar sepele, Ternyata lampu kamar berpengaruh terhadap tidur kamu loh.Lampu kamar yang hidup saat hendek tidur dapat mengganggu relaksasi mata yang ingin beristirahat sehinnga membuat mata spontan ingin terbuka. 

tenta hal ini tentu sangat mengganggu tubuh yang Sudan lelah. Oleh karena itu sangat disarankan mematikan lampu ketika hendak tidur.

8. Mandi air hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat sebelum tidur ternyata dapat membuat tubuh lebih rileks. Hal ini sangat membantu anda tidur lebih nyenyak dan lebih cepat.

9. Hindari konsumsi rokok secara berlebih sebelum tidur

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan kamu kesulitan tidur. Oleh karena itu hindari mengonsumsi rokok berlebih sebelum tidur agar kamu tidak terjaga sepanjang malam.

10. Buat kamar tidur kamu senyaman mungkin

Terkadang banyak orang yang menyatukan kamar tidur mereka dengan tempat kerja, bermain game, tau bahkan aktivitas lainnya. padahal, alangkah idealnya kamar tidur itu Hanya digunakan untuk tidur atau beristirahat.

Cara mengatasi hal ini dengan menempatkan meja belajar, komputer, dan televisi di luar kamar tidur. Atur suhu kamar dan menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman untuk tidur. Pilih bantal yang tak terlalu tinggi agar saat bungun tidur leher kamu tidak merasa kaku.

Itu dia tadi beberapa cara mengatasi insomnia tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Cara tadi dilakukan secara rutin agar tidur kamu biasa nyenyak di malam hari. Jika kamu masih mengalami susah tidur segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak