facebook

Jangan Berlebihan! Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Junk Food

Funcrev
Jangan Berlebihan! Ini 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Mengonsumsi Junk Food
Ilustrasi junk food (Unsplash/Nathan Dumlo)

Makanan cepat saji atau sering disebut sebagai junk food adalah makanan yang sering kali ditemukan di sekitar kita. Tidak membuat kita menjadi kenyang, junk food sering kali justru membuat kita makan secara berlebihan. Selain itu, junk food juga dapat dapat menimbulkan bahaya lain bagi tubuh. 

Berikut ini beberapa bahaya mematikan yang dapat timbul akibat terlalu sering mengonsumsi junk food:

1. Kolesterol Tinggi

Di dalam berbagai jenis junk food, biasanya hanya terkandung sedikit nilai gizi, bahkan ada yang sangat rendah sekali. Kebanyakan junk food hanya mengandung kalori yang cukup tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kolesterol dalam tubuh meningkat. Tingginya kandungan kolesterol dalam tubuh akan sangat berdampak pada kesehatan dan meningkatkan resiko terserang penyakit berbahaya lainnya. 

2. Diabetes

Siapa bilang diabetes hanya disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis? Faktanya, diabetes juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji.

Junk food termasuk ke dalam makanan tinggi kalori dan rendah vitamin, sehingga dapat menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang tidak baik akan menyebabkan nutrisi makanan menjadi tidak terserap dengan baik. Selain itu, insulin juga tidak dapat bekerja dengan sempurna. Padahal insulin sangat dibutuhkan tubuh untuk mengolah glukosa menjadi energi. 

3. Penyakit Jantung

Masih berkaitan dengan poin pertama, junk food memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Hal ini akan membuat kolesterol dan kadar gula darah dalam tubuh meningkat. 

Lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kinerja jantung. Lemak yang terus-menerus menumpuk akan membuat kerja jantung menjadi semakin berat. Lemak yang tertumpuk di pembuluh darah juga lama-kelamaan dapat menyebabkan penyumbatan. Oleh karena itu, terlalu banyak mengonsumsi junk food dapat menaikkan resiko serangan jantung.

4. Kerusakan Hati

Bahaya lain yang perlu menjadi perhatian penting dari junk food adalah kerusakan hati. Bahkan, penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi junk food tanpa berolahraga sama buruknya dengan orang mengonsumsi alkohol. Hal ini pula yang menimbulkan jaringan parut dalam hati. Sehingga, hati tidak dapat bekerja secara baik dan optimal.

5. Gangguan Ginjal

Kandungan natrium yang banyak ditemukan dalam junk food juga dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Kandungan natrium yang tinggi, dapat mempengaruhi kinerja ginjal. Hal itu juga dapat menyebabkan ginjal menjadi tidak berfungsi untuk menyaring racun dalam darah dengan baik.

Rasanya yang enak dan mudah didapat, menjadi salah satu alasan mengapa junk food masih banyak diminati meski dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, maka konsumsilah makanan cepat saji atau junk food dengan porsi yang sehat dan secukupnya saja.

Referensi:

Ketahui Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsi Junk Food. 2021. Diakses pada 14 Juli 2021 melalui https://promkes.kemkes.go.id/ketahui-bahaya-terlalu-sering-mengonsumsi-junk-food

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak