alexametrics

Mudah Didapat, 4 Jamu Tradisional ini Dipercaya Dapat Perkuat Imun Tubuh

Funcrev
Mudah Didapat, 4 Jamu Tradisional ini Dipercaya Dapat Perkuat Imun Tubuh
Ilustrasi jamu tradisional. (Pixabay)

Menjaga kesehatan dan ketahanan imun tubuh di tengah pandemi seperti sekarang ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sistem imun yang bekerja sebagai 'tameng' untuk menghalangi masuknya virus dalam tubuh harus terus dijaga kekuatannya. Dengan sistem imun yang kuat dapat menjadi jaminan kesehatan tubuh.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Selain dengan berolahraga, makan makanan sehat, hingga istirahat yang cukup.

Kamu juga dapat meningkatkan kualitas imun dengan mengonsumsi jamu tradisional yang telah lama dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit sekaligus meningkatkan ketahanan tubuh. 

Berikut daftar jamu yang diyakini dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh:

1. Beras kencur

Nama jamu yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang nikmat jamu ini juga banyak digemari karena harganya yang terjangkau dan mudah didapat. 

Jamu beras kencur dipercaya dapat meningkatkan meningkatkan energi, mengatasi kelelahan, serta meredakan batuk. Tak hanya itu, banyak juga masyarakat yang memanfaatkan jamu beras kencur sebagai minuman penambah nafsu makan.

Masyarakat percaya, dengan nafsu makan yang baik maka sistem imun tubuh juga akan semakin kuat mengahalau berbagai penyakit.

2. Temulawak

Sama populernya seperti jamu beras kencur, jamu temulawak juga dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko jamu terdekat. Kandungan dalam temulawak dipercaya memiliki banyak khasiat dan menjadi bahan utama dalam beragam produk vitamin atau minuman energi.

Manfaat dari temulawak di antaranya adalah untuk menambah nafsu makan, dapat mengobati gangguan pencernaan, membantu pengobatan kanker, hingga membantu dalam mengatasi radang persendian. Dengan nafsu makan yang baik, maka tubuh akan lebih kuat dan tahan terhadap paparan penyakit menular.

3. Kunyit asam

Jamu ini terbuat dari kunyit yang ditambah dengan asam sebagai penambah rasa. Jamu ini banyak digunakan sebagai penawar racun serta menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Jamu kunyit asam akan membantu membuang racun melalui urine dan keringat. Tidak hanya itu, kandungan Vitamin C yang cukup tinggi dalam jamu kunyit asam dapat membuat kulit jadi lebih cerah dan membantu ketahanan tubuh.

4. Brotowali

Meskipun terkenal dengan rasanya yang pahit. Namun, jamu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Brotowali dipercaya dapat dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh, mencegah aterosklerosis, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengatasi beberapa permasalahan kulit. Namun perlu diingat, terlalu banyak mengonsumsi jamu brotowali dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal.

Itulah beberapa jamu tradisional yang telah banyak dipercaya masyarakat dapat meningkatkan kualitas ketahanan tubuh dalam menghadapi serangan penyakit. Selain harganya yang terjangkau, jamu-jamu tersebut juga lebih sehat karena terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak