alexametrics

Sudah Tidur Cukup Tapi Tubuh Merasa Lelah, Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Funcrev
Sudah Tidur Cukup Tapi Tubuh Merasa Lelah, Mungkin Ini 5 Penyebabnya
Ilustrasi bangun tidur. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Setelah lelah beraktivitas, tidur menjadi cara yang tepat untuk kembali menyegarkan badan. Akan tetapi, meskipun telah tidur cukup, terkadang tubuh masih merasa lelah dan lemas. Jika Anda pernah mengalaminya atau bahkan sering, penting untuk mengetahui alasan mengapa merasa lelah secara terus menerus, meski telah cukup beristirahat.

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab timbulnya gejala lelah tersebut.

1. Dehidrasi

Penyebab pertama yang seringkali terjadi adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh ini yang kemudian bisa membuat kurang bertenaga dan merasa lelah. 

Selain itu, dehidrasi juga memiliki efek yang merugikan pada tubuh Anda. Organ Anda akan berada pada unjuk kerja yang kurang maksimal, karena jantung mengirim oksigen sedang pada kecepatan yang jauh lebih lambat. Akibatnya akan timbul rasa kelelahan bahkan setelah cukup beristirahat.

2. Kurang olahraga

Banyaknya waktu yang dihabiskan untuk duduk atau rebahan saja akan membuat tubuh menjadi kurang gerak. Memiliki gaya hidup tidak banyak bergerak tanpa disadari dapat mempengaruhi kesehatan baik tubuh maupun pikiran. Bukan hanya tidak sehat, kurang bergerak juga bisa membuatmu menjadi mudah lelah dan lebih lamban. 

Untuk itu, meski banyak kegiatan yang dilakukan di dalam rumah, sebaiknya sempatkan waktu untuk berolahraga. Olahraga setiap hari selama 15 menit secara rutin, akan lebih baik daripada olahraga selama 2 jam di setiap hari Sabtu atau Minggu saja. Menggerakkan tubuh juga akan membuat kita memiliki tidur yang lebih berkualitas setiap malamnya.

3. Stres dan depresi

Tidak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu mendapat perhatian lebih. Terkadang sebagian orang tidak menyadari bahwa Ia tengah menderita kondisi seperti ini dan hanya terlihat dari perubahan tanda-tanda rasa lelah dan kurang bernafsu makan. Jika hal ini terjadi, sebaiknya untuk segera melapor ke orang-orang terdekat dan meminta solusinya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh agar tidak stres karena dapat memengaruhi kesehatan fisik juga.

4. Diet yang buruk

Banyaknya standar body goals membuat banyak orang berbondong-bondong untuk ikut melakukan program diet. Namun, jika tidak dibarengi dengan pengetahuan yang cukup, bisa jadi diet yang dilakukan justru menjadi penyebab hal berbahaya. Diet yang buruk benar-benar dapat memengaruhi perasaan dan keadaan tubuh Anda sepanjang hari.

Meskipun sedang diet, asupan makanan yang cukup juga tetap harus dapat terpenuhi. Ternyata ada banyak penelitian yang juga menunjukkan pengaruh pola makan terhadap durasi dan kualitas tidur. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan caramu diet jika kamu tidak ingin merasa kelelahan.

5. Kandungan gula dalam tubuh rendah

Kadar gula darah yang rendah ternyata juga dapat menjadi penyebab tubuh sering merasa lelah. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, maka penting untuk segera menstabilkan kadar gula dalam darah. 

Itulah tadi lima fakta bahwa kita harus mendapatkan tidur berkualitas, bukan sebatas tidur yang berdurasi lama. Agar tubuh menjadi lebih segar saat bangun tidur, mungkin kamu bisa lebih memperbanyak olahraga dan menjaga pola makan daripada hanya berdiam diri saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak