alexametrics

Pentingnya Mengenal Gangguan Eating Disorder dan Cara Mengatasinya

Aisah
Pentingnya Mengenal Gangguan Eating Disorder dan Cara Mengatasinya
ilustrasi gangguan makan, kelainan makan (Unsplash)

Eating disorder atau gangguan makan merupakan kecemasan terhadap kondisi psikologis yang menyebabkan kebiasaan makan tidak baik. Eating disorder menjadi permasalahan dalam kesehatan mental yang dapat membahayakan tubuh. Pengidap eating disorder cenderung mengalami kecemasaan terhadap bentuk tubuh, berat badan, dan berlebihan terhadap makanan. Gangguan makan ini akan sangat berbahaya terhadap kondisi psikis seseorang.

Gangguan makan terjadi karena merasa tidak puas dengan bentuk tubuh sehingga memengaruhi pola makan. Pengidap memiliki kebiasaan makan secara berlebihan dan membatasi mengonsumsi makanan. Gangguan makan bila terjadi terus-menerus dapat membahayakan tubuh seperti kekurangan gizi dan nutrisi.

Gangguan makan ini dapat terjadi pada laki-laki dan perempuan. Namun, perempuan dua kali lebih mungkin tekena eating disorder. Hal tersebut terjadi karena pengaruh sosial yang sering kali memberikan citra bahwa cantik harus memiliki tubuh kecil atau ideal.

Jenis-jenis eating disorder

1. Anorexia Nervosa

Anorexia nervosa merupakan gangguan pola makan yang menyebabkan seseorang memiliki bentuk tubuh sangat kecil. Pengidap anorexia nervosa akan membatasi makanan yang dikonsumsinya.

Bahkan pengidap anorexia nervosa melakukan diet berlebih yang tidak baik bagi tubuh. Hal itu menyebabkan kondisi tubuh yang tidak stabil. Pengidap anorexia nervosa tidak pernah puas dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Ia menganggap bahwa makanan yang dikonsumsi akan menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Bulimia Nervosa

Bulimia nervosa merupakan gangguan pola makan secara berlebih, kemudian dikeluarkan dengan cara dimuntahkan sengaja. Pengidap bulimia nervosa tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang berlebih sehingga memuntahkan makanan.

Pengidap bulimia nervosa menggangap bentuk tubuh sesuatu yang harus dijaga dan melakukan apa saja agar tetap stabil. Padahal kondisi mengeluarkan makanan dengan sengaja dapat memperburuk kesehatan tubuh.

3. Binge Eating

Binge Eating merupakan gangguan pola makan dalam jumlah yang sangat banyak, bahkan tidak dapat dikontrol. Pengidap binge eating tidak peduli kelebihan berat badan, cenderung mengonsumsi makanan dengan cepat dan porsi yang banyak. Jika kondisi binge eating dibiarkan secara terus menerus akan menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Cara mengatasi eating disorder

1. Memotivasi Diri Untuk Makan Sehat

Hidup sehat sangat baik dalam membentuk pola makan. Dengan mengonsumsi makanan sehat, dapat memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Memotivasi diri untuk memulai melakukan pola makan sehat sangat penting untuk kualitas hidup, serta kondisi fisik yang sehat.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya diri merupakan bagian penting dalam menjalani kehidupan. Terlebih percaya diri terhadap fisik. Dengan meningkatkan kepercayaan diri, akan membuat kita mencintai diri sendiri, terlepas dari bentuk tubuh.

3. Olahraga Teratur

Olahraga dapat menciptakan hidup sehat yang baik bagi kesehatan. Manfaat olahraga sangat baik bagi tubuh. Olahraga teratur dibantu pola makan yang baik, dapat menjaga bentuk tubuh secara sehat tanpa melakukan diet berlebih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak