alexametrics

5 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi

Billie
5 Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi
Ilustrasi berjemur (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berjemur merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat. Orang-orang berjemur dilatarbelakangi berbagai alasan. Beberapa orang ingin membuat warna kulit mereka menjadi lebih gelap, sehingga berjemur di bawah sinar matahari.

Di samping itu, ada juga yang berjemur karena hobi dan menghabiskan waktu luang. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari berdampak baik bagi kesehatan?

Beberapa penelitian menemukan bahwa berjemur di pagi hari membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut merupakan 5 manfaat dari berjemur sinar matahari di pagi hari.

1. Berjemur membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali

Berjemur membantu mereka yang berurusan dengan hipertensi. Terlihat bahwa berjemur membantu mengaktifkan nitrogen monoksida (NO) yang ditemukan di lapisan paling atas kulit. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, dengan melebarkan pembuluh darah, dan menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

2. Kualitas tidur yang lebih baik

Jika Anda menderita insomnia, daripada meminum pil tidur, cobalah berjemur. Berjemur di bawah sinar matahari membantu produksi melatonin yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidak hanya itu, Berjemur juga dapat membantu mengatur ritme sirkadian Anda sehingga akan lebih mudah mengantuk setelah berjemur di bawah sinar matahari.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Berjemur di bawah sinar matahari ternyata merupakan metode kuno untuk mengobati penyakit autoimun dan bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan vitamin D yang terdapat pada sinar matahari membantu tubuh melawan penyakit, termasuk jantung, sklerosis otot, flu, dan kanker tertentu.

Tidak hanya itu, seperti diketahui, vitamin D yang berasal dari sinar matahari bisa didapatkan dengan mudah, yaitu cukup berjemur selama 10 hingga 30 menit.

4. Meringankan Depresi

Beberapa gejala depresi dilaporkan dapat mereda setelah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormon serotonin, yang dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan perasaan tenang. Bahkan tanpa depresi, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari kemungkinan akan meningkatkan suasana hati.

5. Bagus untuk kesehatan tulang Anda

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Kalsium ini nantinya akan meningkatkan kekuatan tulang,. Manfaat berjemur yakni mengarah ke tulang yang lebih kuat dan dapat membantu mencegah osteoporosis maupun radang sendi.

Itulah 5 manfaatyang akan kita dapatkan apabila kita berjemur di bawah sinar matahari pagi hari. Semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk meningkatkan kesehatan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak