facebook

5 Tips Mengunjungi Rumah Sakit, Selama Masa Pandemi Covid-19

Pekik
5 Tips Mengunjungi Rumah Sakit, Selama Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Rumah Sakit (Unsplash// Domininguez)

Selama masa pandemi Covid-19 ditambah kebijakan PPKM Level 2-4 yang diterapkan di Jawa dan Bali, masyarakat dihimbau untuk tinggal di rumah saja. Baik masyarakat yang sehat maupun yang memiliki penyakit ringan diupayakan untuk tetap tinggal di rumah dan mengurangi kegiatan di luar, apalagi yang sifatnya berkerumun. Namun, kebutuhan masyarakat untuk periksa kesehatan di rumah sakit tetap naik, mengingat penyakit bisa kambuh kapan saja.

Kendati demikian, masyarakat yang ingin memeriksa kesehatannya di rumah sakit menjadi parno, begitu melihat angka penularan masih tinggi. Sehingga mereka lebih memilih untuk dirawat di rumah saja dengan berbekal pengetahuan seadanya yang terkadang bisa membuat sakitnya semakin parah.

Yang harus diketahui, bahwa pihak rumah sakit dan seluruh pegawainya sudah menjalankan prosedur kesehatan (prokes) secara ketat dari memakai masker, hand sanitizer, face shield sampai dengan penggunaan alat pelindung diri (APD).

Di samping itu, para pasien di rumah sakit sudah ditangani dengan baik, begitupun bila ada yang terpapar virus korona. Sehingga tidak akan menganggu jalannya perawatan bagi pasien bukan covid-19 yang periksa dan berobat. Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu khawatir.

Kekhatwatiran masyarakat akan penyebaran virus covid-19 di rumah sakit adalah hal wajar. Hal itu sebagai bentuk kewaspadaan yang penting dalam rangka menjaga diri.

Mengutip bola.com, berikut ini adalah lima tips bagi orang yang ingin berkunjung ke rumah sakit. Baik yang ingin periksa dan berobat atau hanya sekadar konsultasi, di antaranya:

1. Buat jadwal pertemuan

Membuat jadwal pertemuan dengan dokter ketika akan periksa ke rumah sakit adalah langkah awal untuk mencegah penularan. Untuk konsultasi bisa mengatur jadwal temu secara virtual dahulu. Bila penyakit yang diderita butuh pengobatan, bisa membuat jadwal ulang khusus untuk pengobatan yang harus dilakukan di rumah sakit.

2. Mengikuti petunjuk petugas rumah sakit

Selama masa pandemi covid-19, lalu lalang pasien dan pengunjung, alur antrian, ruang tunggu dan komponen lainnya di rumah sakit sudah diatur sedemikian rupa, sehingga tetap menjaga prokes secara ketat.

Oleh sebab itu, kepada para pengunjung rumah sakit diupayakan mengikuti petunjuk dan arahan dari para petugas di rumah sakit. Agar prokes dapat berjalan dengan aman, baik dan lancar.

3. Wajib menggunakan masker

Para pengunjung rumah sakit diwajibkan untuk menggunakan masker medis. Supaya lebih amannya, gunakan juga masker kain untuk menggandakan pemakaian masker. Cara itu dapat melindungi dari penyebaran virus hingga 80 persen.

4. Tetap menjaga jarak di rumah sakit

Patuhi protokol kesehatan di manapun berada. Apalagi di rumah sakit. Meskipun rumah sakit adalah tempat ramai, usahakan untuk tetap menjaga jarak mininal satu meter. Selain itu, kurangi mengobrol dengan pasien lain atau bahkan dengan pegawai jika tidak ada hal yang penting untuk disampaikan.

5. Tetap mencuci tangan memakai sabun di rumah sakit

Saat berkunjung ke rumah sakit, kamu pasti tidak bisa menghindari dari menyentuh benda-benda yang ada. Maka, jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun, baik saat menunggu pengobatan diberikan atau setelah pemeriksaan dan pengobatan dari dokter di rumah sakit selesai dijalani.

Demikian lima tips yang bisa kamu praktikkan saat akan berkunjung ke rumah sakit. Tidak perlu ragu dan khawatir lagi untuk berobat ke rumah sakit selama prokes tetap dijalankan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak