alexametrics

Selain Ayam, Ini 10 Rekomendasi Makanan untuk Anak Kos yang Kaya Nutrisi

Lintang
Selain Ayam, Ini 10 Rekomendasi Makanan untuk Anak Kos yang Kaya Nutrisi
Ilustrasi Ayam Goreng. (pexel.com)

Bagi kamu yang merantau untuk bekerja ataupun menimba ilmu yang mengharuskan untuk nge-kos pertanyaan yang paling sering terlontar pasti "hari ini makan apa ya?"

Menu makanan yang itu-itu saja tentunya membuat nafsu makan menurun. Beda kalau di rumah, hanya mengikuti masakan rumah yang dibuat oleh orang tua perut sudah kenyang terisi.

Biasanya anak kos akan memilih makanan yang murah untuk menghemat tanpa mepertimbangkan gizi yang terkandung di daamnya, padahal makanan bergizi wajib dikonsumsi agar terhindar dari segala penyakit.

Menu andalan anak kos adalah ayam goreng atau ayam geprek. Bosan hanya dengan makan ayam saja? Yuk simak rekomendasi makanan untuk anak kos cocok juga untuk kamu yang sedang diet.

Tidak sulit mencari makanan untuk mencukup kebutuhan gizi harian dengan budget ringan dan mudah dicari. Ini dia 10 rekomendasi makanan murah tapi bergizi yang bisa anak kos coba sebagai variasi selain ayam goreng.

1. Cah kangkung

Sayuran memang makanan sehat paling pertama yang mengandung banyak nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan masih banyak lagi.

Salah satu makanan yang kaya akan kandungan gizi adalah kangkung. Kangkung adalah sayuran yang rendah kalori dan lemak dan mengandung vitamin yang cukup bayak. Selain itu kangkung juga kaya akan antioksidan.

Dala 100 gram kangkung 19 kalori. Karena kandungan gizi pada kangkung cukup tinggi dan kalorinya rendah, jadi banyak ahli yang merekomendasikan sayuran ini untuk menurunkan berat badan.

2. Capcay

Seporsi capcai biasanya berisi sayur dan potongan daging ayam, ada pula yang memakai seafood. Makanan ini juga mudah dicari seperti di warung yang mengelola masakan china.

Dilihat dari berbagai macam sayuran yang terkandung di capcay seperti wortel, bunga kol, sawi putih, brokoli, buncis dan banyak lagi, tentunya capcay memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat bermanfaat.

3. Tumis tahu dan tauge

Masakan ini juga sering ditemukan di warung-warung makan yang biasa dijual di dekat kos-kosan. Tauge mengandung banyak manfaat seperti dapat mengurangi berat badan, dapat mencegah penyakit kanker, dapat mencegah kerontokan rambut, dan dapat menjaga kesehatan kulit. Tauge memiliki kandungan enzim 100 kali lebih banyak. Peran enzim cukup penting untuk kelangsungan sekaligus kelancara kinerja organ dalam tubuh agar bisa bekerja secara efektif.

4. Olahan jamur

Menurut Health Line, jamur memang rendah kalori namun kaya akan protein, serat, vitamin, serta mineral. Selain itu jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2.

Jamur biasanya diolah dengan berbagai resep, diantaranya adalah tumis jamur saus tiram, sambal jamur, tongseng jamur, pepes jamur, dan banyak lagi.

5. Ikan pindang

Siapa yang tidak kenal dengan ikan yang merakyat ini? Ikan pindang juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh, lho!

Asam omega 3 dan niacin yang terkandung dalam ikan ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Ikan ini juga dapat menstabilkan tekanan darah tinggi dan bagus untuk sistem pencernaan, serta dapat menjaga kesehatan rambut dan kuku.

Kamu bisa membeli ikan pindang dari berbagai olahan seperti ikan pindang goreng, pindang sambal hijau, dan lain sebagainya.

6. Ikan lele

Biasanya, orang-orang mengolah ikan lele dengan cara digoreng dan disajikan dengan sambal atau lalapan. Bisa juga diolah dengan sayuran. Menariknya ikan lele ternyata kaya akan nutrisi seperti protein, lemak, kolesterol, natrium, vitamin D, zat besi, fosfor, dan masih banyak lagi,

7. Olahan tahu tempe

Apabila kamu sudah bosan dengan olahan tahu dan tempe yang digoreng biasa, kamu bisa membeli olahan tahu dan tempe lain yang tentunya masih memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tahu dan tempe dikenal sebagai salah satu sumber protein dan berbahan dasar kacang kedelai. Karena tahu dan tempe sama-sama bernutrisi tinggi, kedua makanan ini bisa dijadikan sebagai menu harian yang tentunya harganya tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

8. Telur asin

Telur yang dibuat dengan proses pengawetan menggunakan garam ini juga bisa menjadi makanan yang mudah tetapi sangat nikmat. Hanya perlu disajikan dengan kecap dan sambal saja sudah sangat menakjubkan rasanya.

Telur asin diketahui baik untuk kesehatan mata dan kulit. Telur asin juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah anemia.

9. Soto daging

Apabila kamu ingin jenis makanan yang sedikit lebih berat, soto daging menjadi salah satu pilihannya. Dengan porsi yang cukup namun dapat dibeli dengan harga yang murah, soto daging ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh, lho!

Soto daging dapat menjadi sumber energi, mencegah strok, mencegah anemia, dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Soto daging bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghangatkan tubuh disaat musim hujan.

10. Jeroan ayam

Mungkin kamu bosan dengan daging ayam, tapi bagaimana dengan jeroannya? Jeroan dikenal sebagai penghasil kolesterol yang cukup tinggi. Jeroan ayam yang dikelola sebagai masakan rumahan pada umunya berupa jantung, usus, hati, dan ampela.

Manfaat yang dihasilkan oleh jeroan adalah mendukung sistem imun, sumber protein baik, kaya akan vitamin, dan dapat mencegah anemia.

Namun yang perlu kamu pastikan adalah pastikan jeroan diolah dengan bersih ya agar terhindar dari penyakit yang dibawa.

Itu dia 10 rekomendasi makanan yang ringan di kantong tapi penuh manfaat cocok untuk anak kos yang bingung dengan menu makanan selain ayam goreng. Makanan di atas selain murah tapi juga mampu untuk menambah energi. Hanya dinikmati dengan nasi panas dan kerupuk sudah nikmat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak