facebook

Awas Bisa Bikin Kamu Malu, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak!

Pekik Aulia
Awas Bisa Bikin Kamu Malu, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak!
Ilustrasi Bau Ketiak (pixabay)

Tubuh tidak bisa menghindari keringat ketika Anda begitu beraktivitas. Keringat yang dikeluarkan merupakan jalannya metabolisme tubuh yang menandakan Anda sehat. 

Namun, tubuh yang bekeringat tidak selalu menjadi hal baik. Ia bisa saja jadi kendala buat Anda ketika keringat tersebut menjadi bau. Terutama keringat yang keluar dari ketiak Anda. 

Bau menyengat yang berasal dari ketiak, tak jarang membuat Anda jadi minder. Sebab, seseorang yang bau ketiak dapat membuat orang-orang lain ingin cepat berpaling ketika sedang bertemu. 

Menyadur dari hellosehat, berikut ini lima cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan bau ketiak Anda, di antaranya: 

1. Memakai Deodoran 

Salah satu cara simpel untuk menghilangkan bau pada ketiak Anda adalah dengan menggunakan deodoran. Aroma wangi yang dihasillan dari deodoran dapat mengurangi bau menyengat pada ketiak Anda.  

Penyebab ketiak yang berkeringat dan menjadi bau adalah karena bakteri yang terdapat dalam ketiak yang bercampur dengan keringat. Nah, deodoran yang bersifat asam ini dapat mencegah reaksi antara bakteri dan keringat. 

Selain dapat mengurangi bau pada ketiak Anda, deodoran juga bisa mencegah ketiak Anda berubah warna menjadi hitam.  

2. Menjaga kebersihan tubuh 

Cara kedua untuk menghilangkan bau pada ketiak Anda adalah dengan menjaga kebersiham tubuh. Ketika Anda kurang perhatian pada kebersihan tubuh Anda, maka bakteri dan sel-sel kulit mati akan menumpuk. Hal itu membuat tubuh Anda jadi kotor dan bisa menimbulkan bau tidak sedap pada ketiak. 

Oleh sebab itu, Anda harus bisa membersihkan badan jika tidak ingin tubuh kotor dan bau. Cara membersihkannya adalah dengan membiasakan diri mandi minimal dua kali dalam sehari. 

Jangan lupa, pada saat mandi untuk menggunakan sabun. Gosok semua permukaan kulit tubuh Anda sampai bersih dan wangi. Setelah mandi, segera keringkan badan menggunakan handuk, sehingga tidak ada tubuh yang lembab. Karena bakteri sangat menyukai tubuh yang lembab untuk perkembangbiakannya. 

3. Perhatikan menu makanan Anda 

Bau pada ketiak juga dapat ditimbulkan akibat makanan yang dikonsumsi. Sebab, beberapa di antara makanan ada juga yang berkontribusi membuat ketiak Anda menjadi bau. 

Di antara makanan yang bisa membuat ketiak Anda menjadi bau tak sedap adalah makanan yang pedas-pedas, mengandung bawang-bawangan dan minuman beralkohol. Mengatur dan memilih makanan juga menjadi cara yang efektif untuk mencegah bau ketiak Anda. 

4. Mencukur bulu ketiak 

Cara lain yang juga dianggap efektif untuk menghilangkan bau pada ketiak adalah dengan mencukur bulu ketiak Anda. Hal ini sudah diteliti dan dibuktikan secara ilmiah. 

Menurut penelitian Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan bahwa bau ketiak yang tidak sedap dapat dikurangi dengan mencukur bulu ketiaknya. Karena bulu-bulu rambut ketiak adalah sarang bagi bakteri terutama dalam kondisi lembab karena keringat. 

5. Menggunakan bahan alami 

Satu lagi cara untuk menghilangkan bau ketiak Anda adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain bisa menggunakan deodoran sebagai alat penghilang bau ketiak  Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa atau virgin coconut oil.  

Sebab, minyak kelapa itu mengandung asam laurat, sehingga membantu mengurangi perkembangbiakan bakteri pada ketiak.  

Selain minyak kelapa, Anda juga bisa menggunakan tawas yang juga berasal dari bebatuan yang alami.  

Bau badan Anda saja sudah menganggu orang lain maupun diri Anda sendiri. Apalagi ditambah dengan bau tak sedap dari ketiak Anda. Bisa jadi Anda semakin dijauhi oleh teman-temab Anda. S

egera atasi bau ketiak Anda dengan satu sampai lima cara ampuh yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak