alexametrics

Bikin Napas Lega, 5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Funcrev Id
Bikin Napas Lega, 5 Rempah Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru
Ilustrasi rempah-rempah. (pixabay)

Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Menjadi organ yang sangat krusial, tentu saja akan sangat merugikan jika paru-paru mengalami gangguan. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti berolahraga hingga makan-makanan yang sehat.

Ada banyak jenis makanan sehat yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu diantaranya adalah rempah-rempah. Meski jarang diketahui, ternyata rempah-rempah memiliki sejuta manfaat yang sangat baik untuk pernapasan. 

Dilansir dari Respiratory Therapy Zone, pada Senin (27/09/2021), berikut beberapa rempah yang mudah kita jumpai dan memiliki manfaat besar untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Bawang putih

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih secara mentah baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Bahkan bisa mengurangi tingkat kejadian kanker paru-paru di kalangan perokok hingga 40%. 

Selain itu bawang putih juga bermanfaat untuk atasi inflamasi. Bukan hanya meredakan peradangan melainkan juga memiliki senyawa antiseptik yang membantu tubuh untuk melawan infeksi.

2. Jahe

Untuk jahe rasanya sudah sangat familiar jika diketahui baik untuk paru-paru. Sensasinya yang menghangatkan juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif. Bahkan jahe dipercaya dapat digunakan sebagai obat asma. Jahe berperan dalam meningkatkan relaksasi otot polos di saluran udara paru-paru yang membuat pernapasan menjadi lebih lega.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jahe dapat membunuh sel-sel kanker yang ada di dalam paru-paru. Selain mudah ditemukan, cara penyajiannya pun cukup mudah. Kamu bisa buat jahe menjadi minuman hangat dan lainnya. Minuman ini juga sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

3. Cabai

Rempah yang satu ini rasanya jarang ada yang tahu kalau ternyata cabai juga baik untuk kesehatan paru-paru. Rempah yang biasanya hanya digunakan sebagai penambah cita rasa pedas pada makanan ini ternyata juga dapat merangsang sekresi sehat di dalam tubuh yang melindungi selaput lendir.

Hal ini sangat penting, karena pada dasarnya paru-paru kita mengandung sejumlah besar jaringan selaput lendir, tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida berlangsung.

Selain itu cabai juga mengandung betakaroten yang merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat meredakan gejala asma. Kandungan capsaicin yang menyebabkan rasa pedas di cabai juga dapat membantu melawan infeksi dan menyehatkan aliran darah. Tentu kondisi aliran darah yang sehat ini akan sangat membantu meningkatkan nutrisi tambahan ke dalam paru-paru.

4. Kunyit

Rempah yang dapat menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah kunyit. Seolah sama dengan jahe, rempah kuning yang satu ini juga terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya.

Kandungan curcumin pada kunyit dinilai ampuh dalam melawan peradangan sekaligus membuat pernapasan menjadi lebih lega. Rempah yang satu ini juga kerap dimanfaatkan gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas.

5. Bawang bombai

Jika di atas tadi ada bawang putih, rempah yang satu ini juga ternyata baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jenis bawang berukuran besar ini diyakini dapat mengurangi inflamasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kombinasi ini akan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiopulmoner.

Itulah tadi lima rempah yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. 

Referensi:

7 Spices That Can Reduce Inflammation in Your Lungs Naturally. Diakses pada 27 September 2021 melalui Respiratory Therapy Zone.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak