facebook

Cegah Penuaan Dini dengan 8 Makanan yang Bersifat Anti-aging

Claudius Kevin .
Cegah Penuaan Dini dengan 8 Makanan yang Bersifat Anti-aging
Ilustrasi makanan sehat dan bergizi (Unsplash) / K15 Photos

Setiap orang pasti menginginkan tubuhnya agar tetap terlihat sehat dan awet muda. Semakin bertambahnya usia, maka masalah pada kulit akan kita hadapi. Masalah eksternal pada kulit seperti keriput, jerawat, komedo, dan lainnya terkadang membuat kita menjadi kurang percaya diri saat beraktivitas.  

Masalah pada kulit sebenarnya ada kaitannya dengan pola hidup kita, seperti kebiasaan olahraga, istirahat tidur, atau pola makan. Jika ingin tubuh tetap terlihat awet muda, maka kita wajib memperhatikan hal-hal tersebut. Sebenarnya, untuk mewujudkannya juga tidak sulit, cukup dengan mengonsumsi makanan anti-aging atau anti penuaan dini saja.

Jenis makanan tersebut juga mudah didapat dan tidak harus mahal. Menyadur dari laman hellosehat  dan halodoc, berikut ini makanan yang tanpa kita sadari memiliki sifat anti-aging.

1. Pepaya

Pepaya terkenal kaya akan antioksidan yang bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, buah tropis ini juga kaya akan vitamin, seperti Vitamin A, K, dan E, magnesium, potassium, dan vitamin B bermanfaat melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh.

Pepaya juga mengandung enzim papain yang memberikan manfaat antipenuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen antiinflamasi yang juga ditemukan di banyak produk pengelupasan kulit. Selain itu, buah oranye ini juga dapat membantu tubuh Anda melepaskan sel-sel kulit mati sehingga membuat Anda memiliki kulit yang cerah.

Konsumsi pepaya dengan dimakan langsung, masukkan ke salad atau jadikan jus. Di malam hari, Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah.

2. Alpukat

Siapa yang tidak tahu jenis buah berikut yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, ternyata alpukat termasuk salah satu makanan anti-aging. Alpukat memiliki banyak nutrisi vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin K, vitamin C, citamin E, vitamin A, vitamin B kompleks, dan potasium. Kumpulan nutrisi tersebut membantu mengusir dan melawan efek negatif penuaan dini. 

Buah yang bisa dibuat jus atau dimakan langsung ini juga memiliki kandungan asam lemak dan karotenoid yang bersifat anti-inflamasi. Sifat ini  akan menjaga kesehatan kulit Anda dari efek radikal bebas maupun peradangan. 

3. Delima

Buah Delima terkenal sering dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan produk kecantikan. Buah merah ini mengandung senyawa bernama punicalagins yang dapat membantu melestarikan produksi kolagen pada kulit dan menjaga kesehatan sendi. Jadi, tak hanya kulit Anda saja yang awet muda, tapi juga sendi Anda.

Setengah cangkir biji buah delima mampu memenuhi 15% kebutuhan Anda terhadap vitamin C dan kaya akan antioksidan yang baik bagi imunitas dan kesehatan kulit Anda.  Delima juga bisa dikonsumsi secara langsung atau Anda juga bisa mengombinasikannya jadi satu dalam smoothies atau salad.

4. Selada Air

Selada airmengandung kalsium, kalium, mangan, fosfor, serta berbagai vitamin penting seperti vitamin A, C, K, B-1, dan B-2. Sayuran hijau ini bertindak sebagai antiseptik kulit internal dan meningkatkan sirkulasi mineral yang dapat meningkatkan oksigenasi kulit.

Tak hanya itu, antioksidan dalam selada air juga dapat menetralkan radikal bebas yang berbahaya serta membantu menjaga garis-garis halus dan memcegah pembentukan kerutan di wajah. Anda bisa mengonsumsinya menjadi pelengkap lauk atau membuatnya menjadi salad.

5. Bayam

Sayuran hijau yang dikenal kaya manfaat ini ternyata juga bisa membuat kulit kita menjadi tetap sehat. Bayam memiliki antioksidan tinggi yang dapat mengoksidasi seluruh tubuh serta vitamin C sehingga dapat meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya, keelastisitas kulit Anda akan terjaga dan wajah tetap terlihat segar dan awet muda.

Di samping itu, bayam juga memiliki kemampuan menghidrasi kulit dengan baik sehingga dapat mencegah kulit dari kekeringan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi jika masalah kulit kering datang kembali.

6. Jamur

Tanpa disadari, ternyata jamur mengandung zat bermanfaat yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan kulit seperti garis halus, kerutan hingga noda di wajah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada jamur membuat konsumsi sayuran kenyal ini ampuh melawan tanda-tanda penuaan. 

Selain itu, sifat antioksidan yang kuat menjadikan jamur sebagai pelembap alami karena menawarkan nutrisi yang mudah diserap. Misalnya seperti asam laktat yang menghidrasi dan melembutkan kulit kering serta bersisik. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara dimasak, menjadi lauk, atau camilan.

7. Ikan Laut

Ikan yang hidup liar di lautan seperti sarden, bandeng, dan tongkol ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan laut berperan dalam memperkuat membran sel kulit, membuat kulit menjadi lembab, serta melindungi kulit dari kerusakaan akibat sinar UV. 

Selain itu, omega-3 pada ikan laut juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan stroke, memperkuat kesehatan tulang, bahkan bisa mempertajam memori.

8. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond merupakan sumber vitamin E yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Kacang almond dapat membantu memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembaban kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Kacang kenari bahkan mengandung asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat membantu memperkuat membran sel kulit serta melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Jenis kacang lain yang juga baik untuk dimanfaatkan sebagai anti-aging adalah kacang tanah yang memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan zat besi yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah serta mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus pada wajah.

Nah, itulah beberapa makanan anti-aging yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah penuaan dini. Selain rutin mengkonsumsi makanan sehat, Kita juga perlu berolahraga dan menjaga pola istirahat dan tidur supaya kesehatan kulit tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak