alexametrics

5 Makanan Ini Diyakini Dapat Mencegah Kanker, Ada Favoritmu?

Diat Anugrah
5 Makanan Ini Diyakini Dapat Mencegah Kanker, Ada Favoritmu?
Ilustrasi sayuran (pixabay.com)

Kanker merupakan salah satu penyakit berat yang paling ditakuti semua orang. Hal ini dikarenakan jika tidak ditangani dengan serius, penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Pengobatan yang dilakukan jika terkena kanker juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Kanker dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Halodoc melansir bahwa lima makanan ini diyakini dapat mencegah kanker.

1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang terkenal kaya akan manfaat. Bawang putih memiliki bau khas yang menyengat membuat banyak orang tidak menyukainya. Namun, ternyata bau yang menyengat tersebut muncul karena senyawa belerang dalam bawang putih yang sangat bermanfaat.

Senyawa belerang tersebut diyakini dapat menghentikan pembentukan zat yang dapat menimbulkan sel kanker, mempercepat perbaikan DNA, hingga membunuh sel kanker.

2. Tomat

Tomat memiliki kandungan lycopene yang dangat bermanfaat, salah satunya untuk mencegah dan menurunkan resiko penyakit kanker, khususnya kanker prostat. Untuk itu, kita dapat memperbanyak konsumsi tomat baik itu tomat segar, jus tomat, maupun olahan tomat lainnya.

3. Wortel

Wortel mengandung beta karoten yang termasuk dalam antioksidan yang dapat melindungi membran sel agar tidak rusak sehingga mencegah timbulnya sel kanker. Selain itu, beta karoten juga diyakini dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

4. Bayam 

Sayuran ini dapat dengan mudah ditemukan di mana saja karena dapat tumbuh dengan mudah di berbagai kondisi. Meskipun begitu, bayam memiliki banyak manfaay yanh tidak bisa diabaikan, salah satunya adalah dapat mencegah kanker.

Hal ini dikarenakan kandungan lutein dalam bayam yang dapat mencegah paparan radikal bebas yang memicu kerusakan sel pada tubuh sehingga dapat mengurangi resiko munculnya sel kanker.

5. Stroberi

Rasanya yang asam-asam manis tidak hanya nikmat, tapi juga berhasiat. Stroberi kaya akan antioksidannya yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C dan asam ellagic (fitokimia) yang dapat mencegah kanker.

Itulah 5 makanan yang diyakini dapat mencegah dan mengurangi resiko kanker. Selalu jaga pola hidup sehat dengan pola makan, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak