facebook

5 Manfaat Tidur Siang bagi Orang Dewasa, Cukup 15 sampai 20 Menit Saja

Mutami Matul Istiqomah
5 Manfaat Tidur Siang bagi Orang Dewasa, Cukup 15 sampai 20 Menit Saja
ilustrasi tidur siang (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tidak hanya anak-anak, sebenarnya orang dewasa juga boleh tidur siang. Sayangnya, banyak orang dewasa yang tidak memiliki kesempatan meluangkan waktunya untuk tidur siang. Kebanyakan karena terikat pekerjaan atau kesibukan. Padahal, tidur siang bagi orang dewasa juga memiliki berbagai manfaat, asal dilakukan sesuai aturan.

Namun, sebelumnya, kamu juga harus memahami bahwa orang dewasa hanya disarankan untuk tidur siang selama 15-20 menit saja. Pasalnya, tidur yang terlalu lama bisa mengganggu waktu tidur di malam hari. Agar bangun tepat waktu, kamu bisa memasang alarm atau meminta bantuan orang di rumah.

Lalu apa saja manfaat tidur siang bagi orang dewasa? Berikut ini sederet manfaat yang bisa kamu rasakan, seperti dirangkum dari alodokter.

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Jika melakukan tidur siang selama 15-30 menit, kamu akan bangun dengan tubuh yang segar. Sebuah riset juga menjelaskan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan kelancaran aliran darah, termasuk di otak. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan berkonsentrasi dalam bekerja atau beraktivitas. 

Bagaimanapun, kalau kita beraktivitas dengan menahan kantuk, seringkali menjadikan pekerjaan kurang maksimal, bukan? Dengan tidur siang, kita bisa lebih produktif karena didukung oleh tubuh yang segar dan fokus. 

2. Memperbaiki suasana hati

Saat merasa cemas, sedih, bahkan marah, kamu bisa menyiasatinya dengan tidur siang. Dengan tidur siang, kamu bisa seolah meluruhkan perasaan yang mengganggu hatimu. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang dan menghindari stres.

3. Meningkatkan daya ingat

Tidur siang bermanfaat untuk menambah energi dan kinerja otak. Ada sebuah riset menyebutkan bahwa tidur siang bisa menambah daya ingat atau memori, dan kemampuan untuk mengolah informasi maupun mempelajari hal-hal baru.

Jadi, patut kamu coba untuk belajar, menghafal materi baru, dan memahami sesuatu ketika bangun tidur. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menghafalnya.

4. Menurunkan tekanan darah

Stres atau kelelahan bisa mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tidur siang diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya, memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon penyebab tekanan darah meningkat.

5. Menambah jam tidur

Orang yang kesulitan tidur di malam hari entah karena bekerja atau hal lainnya, membuat tidurnya tidak tercukupi. Tidur siang bisa menambah jam tidur di malam hari.

Nah, itu dia 5 manfaat tidur siang bagi orang dewasa. Namun, ada beberapa keadaan pula yang menjadikanmu tidak boleh tidur siang. Misalnya, jika kamu kerap kali mengalami insomnia.

Tidur siang yang terlalu lama ataupun sering justru akan membuat kualitas tidurmu di malam hari semakin buruk. Atau bagi kamu pengidap inersia atau gangguan yang membuat seseorang merasa pusing dan linglung setelah bangun tidur, kurang disarankan pula. Pasalnya, jika kamu mengidap anersia, tidur siang justru akan membuat kamu kesulitan beraktivitas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak