facebook

5 Dampak Negatif Bermain Ponsel Berlebihan, Waspada Kesehatan Terganggu

Mutami Matul Istiqomah
5 Dampak Negatif Bermain Ponsel Berlebihan, Waspada Kesehatan Terganggu
ilustrasi seseorang bermain ponsel (Pexels/RODNAE Productions).

Di zaman sekarang ini, seolah menjadi keharusan bagi setiap orang untuk memiliki gadget. Dari anak-anak yang ingin karena melihat anak lain, lalu menjadi keharusan karena sekolah daring. Hingga kakek nenek dengan berbagai keperluan. Biasanya, untuk memudahkan berkomunikasi dengan anak cucu yang jauh.

Sayangnya, keberadaan ponsel tidak sekadar memberikan dampak yang positif seperti memudahkan komunikasi, memperluas wawasan, ataupun mengakses banyak hal baru. Namun juga memiliki dampak negatif jika digunakan secara berlebihan.

Di bawah ini, beberapa dampak negatif bermain ponsel berlebihan, seperti disadur dari Hellosehat.

1. Masalah Penglihatan

Menggunakan ponsel secara berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Beberapa masalah yang ditimbulkan seperti mata lelah, kemerahan, pandangan kabur, sensasi terbakar di mata, bahkan penurunan penglihatan karena terlalu fokus bermain ponsel. Makanya, kita harus memperhatikan untuk menjaga jarak antara mata dan ponsel sekitar 16 cm. Disarankan pula hanya membuka ponsel saat ada yang penting saja.

2. Mengganggu pola tidur

Kerap kali kita dibuat kalap tidur ketika sedang asyik bermain game ataupun menonton film. Alhasil, kita bisa melewatkan jam tidur malam sehingga memiliki kualitas tidur yang buruk.

Menurut American Optometric Association, paparan cahaya biru dari layar pada malam hari dapat menghambat kerja hormon melatonin. Akibatnya, Anda akan lebih mudah terkena insomnia.

3. Tidak fokus

Di dalam ponsel terdapat banyak informasi baru ataupun hal-hal seru nan lucu yang mudah mencuri perhatianmu. Jadi, ketika kamu membuka ponsel di tengah waktu kamu belajar ataupun bekerja, itu dapat membuat gagal fokus.

Jika kamu sedang bersekolah, tidak fokus itu bisa mengurangi kemampuanmu dalam mencerna ilmu baru. Lalu jika sedang bekerja, kamu bisa mengabaikan pekerjaan karena terlalu asyik bermain ponsel.

4. Ketergantungan

Gadget bisa membuat kamu merasa ketergantungan. Pasalnya, banyak hal menarik dan kamu seolah mencintai dunia itu, kamu akan tidak bisa melakukan apa-apa tanpa gadget. Jika lebih parah, semua itu akan berimbas kepada gangguan mental, seperti kecemasan, hilang motivasi, bahkan depresi.

5. Sakit kepala

Jika kamu terlalu sering bermain game ataupun menonton film berjam-jam, bisa saja otak merasa terbebani. Lebih parah lagi, kamu berisiko mengalami sakit kepala yang sangat sakit, migrain, leher tegang, ansietas, stres, bahkan depresi.

Itu dia 5 dampak negatif bermain ponsel berlebihan. Waspada dan jaga kesehatan tubuh ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak